BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Memperluas wawasan tentang praksis komunikasi di era digital dan mempertajam kurikulum, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara (FIKOM UMN) menjalin kerjasama dengan berbagai assosiasi industri di bidang komunikasi, di antaranya dengan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM), ISKI, P3I, PERHUMAS, SONAR PLATFORM, LEVERATE, dan DEWAN PERS. Penandatanganan kerjasama digelar hari ini, Rabu, 27 November 2019, bersamaan dengan diluncurkannya CollaboHub dan Collaborative Class room yang merupakan hasil pengembangan Laboratorium FIKOM UMN.

Sebelum melakukan penandatanganan kerjasama, UMN lebih dulu menggelar seminar nasional bertajuk Kolaborasi dalam Era Komunikasi Digital.

Peserta seminar yang berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, (27/11).

Beragam isu menarik seperti isu kolaborasi antara perguruan tinggi Ilmu Komunikasi dan industri, transformasi pembelajaran Ilmu Komunikasi dalam memenuhi kebutuhan industri, sinkronisasi capaian pembelajaran, kurikulum, sarana prasarana, dan peran serta asosiasi pendidikan tinggi menjadi bahasan yang mendalam di acara seminar tersebut.

Hadir sebagai pembicara panel dalam seminar nasional tersebut; CEO KG Media Andy Budiman, Ketua Asosiasi Jurnalis Indonesia Abdul Manan, Dr. Catur Suratnoaji Perwakilan ASPIKOM Pusat, Dr. Hery Margono selaku Sekjen Pesatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, dan Misty Maitimoe selaku Deputy Managing Director Ogilvy PR Indonesia.

Laboratorium FIKOM UMN, menyiapkan perangkat dan fasilitas mumpuni untuk pratikal mahasiswa FIKOM ataupun insan media, dan pelajar yang menekuni ilmu komunikasi.

Andrey Andoko, Vice Rector For General and Financial Affairs UMN dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Kolaborasi pendidikan tinggi Ilmu Komunikasi dan industri menjadi penting dan tinggi urgensinya. Perlu ada sinkronisasi antara kebutuhan dan ekspektasi industri dengan profil lulusan universitas sehingga membawa manfaat bagi kedua pihak. Selain itu, laboratorium Ilmu Komunikasi juga harus memainkan peran dalam mendukung dan melahirkan profil lulusan yang sesuai dengan kebutuhan di era digital. Penguasaan teknologi merupakan kunci sukses bagi lulusan ilmu komunikasi.

“Industri komunikasi digital berkembang dengan sangat cepat, dan bidang pendidikan selalu berupaya mengejar agar tidak tergilas. Untuk itu, kami selalu berusaha menyiapkan sarana dan prasarana yang mumpuni untuk mengikuti perkembangan indutrsi komunikasi. Seperti yang saat ini UMN luncurkan yakni laboratorium Fikom hasil kolaborasi UMN dengan ASPIKOM,” papar Andrey.

Fasilitas studio di laboratorium FIKOM UMN, dapat digunakan para mahasiswa untuk siaran langsung atau rekaman.

Dalam peluncurannya, laboratorium FIKOM UMN mendemonstrasikan sejumlah kegiatan seperti data driven journalism, multi-smartphone camera live streaming, data analytics with python dan sejumlah kegunaan lain dari laboratorium collaboHub. Eksperimen dan pengembangan ini dilakukan untuk menunjang aktivitas pembelajaran dan riset di FIKOM UMN.

“Kita harus terus mengembangkan diri dan beradaptasi dengan perubahan. FIKOM UMN melalui laboratorium melakukan eksperimen dan pengembangan yang hasilnya dapat digunakan untuk mendukung kurikulum prodi sekaligus bermanfaat secara praktis bagi industri,” terang Albertus Prestianta selaku Koordinator Laboratorium FIKOM UMN.

Menurut Albertus, tujuan hadirnya laboratorium FIKOM UMN adalah memajukan pendidikan Ilmu Komunikasi karena teknologi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam pendidikan Ilmu Komunikasi. “Kita harus merangkul teknologi, menjadikannya sebagai bagian dalam aktivitas belajar guna meningkatkan kualitas peserta didik,” tambahnya.

“Sekarang sudah saatnya institusi pendidikan tinggi dan asosiasinya berperan aktif dalam berinovasi mengembangkan kurikulum pembelajaran dan mengintegrasikan riset-riset mutakhir yang disesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0 sehingga menghasilkan lulusan mahasiswa yang terampil dan siap bersaing untuk memenuhi kebutuhan industri tersebut,” tutup Himawan, Sekjen ASPIKOM.

 

(asri)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.