BESTTANGSEL.COM, BOGOR -Bogor memiliki 40 Kecamatan, 19 Kelurahan, 416 Desa, dengan 4.246.307 jiwa jumlah penduduk.

Diseluruh Kecamatan tersebut memiliki potensi wisata yang beragam, jika dikelola dengan baik dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) nya. Seperti hal nya wilayah Kecamatan Cigudeg, salah satu wilayah di Kabupaten Bogor yang memiliki potensi wisata alam dan ekowisata tersembunyi.

Lokasi wisata tersebut butuh sentuhan ahli dan kolaborasi tata kelola yang harmonis dari pemerintah, investor dan masyarakat sekitar.

Ada beberapa obyek wisata alam/ekowisata yang dimiliki Kecamatan Cigudeg antara lain : Curug Rahong, Curug Rahong Cijambe, Goa Gudawang, Goa Sima sigit, Danau Quarry Jayamix dan lainnya.

Secara geografis Curug Rahong berada di Kampung Kedaung Desa Rengas Jajar Kecamatan Cigudeg Bogor Utara. Keberadaan Curug Rahong jauh di dalam hutan (dibelakang gunung Sudamanik) lokasi masih alami, aroma mistik nya sangat kental. Jarak tempuh dari pusat kota Bogor sekitar 30 Km, Curug Rahong memiliki ketinggian sekitar 15 M. Secara harfiah Sunda Curug memiliki arti : air terjun, Rahong memiliki arti : bohong/dusta. Struktur lahan di Kec. Cigudeg terbukti labil, awal tahun 2020 pernah terjadi bencana alam.

Pesona alam sekitar Curug yang menjanjikan ini belum dikelola dengan baik, padahal ada danau (Jayamik) sebagai daya tarik tambahan, alam sekitar curug berpotensi untuk kegiatan wisata keluarga, edukasi, track, hiking dan traveling. Namun sayang seluruh pesona Curug Rahong tidak nampak kepermukaan, hal ini disebabkan /dipengaruhi banyak faktor.

Untuk itu Tim DPP PLPPBI dan DPD Kab. Bogor pada kesempatan kemarin, Sabtu 20/6/2020 mengunjungi Curug Rahong untuk survey lokasi. Rombongan PLPPBI yang didampingi Ade Suhendra (Ketua Umum PLPPBI) disambut baik oleh kawan-kawan pengelola curug (Karang Taruna) setempat. Silaturahmi PLPPBI diera covid 19 ke Curug Rahong dipandu oleh Beni Mamat (Ketua DPP PLPPBI Kab. Bogor)

Ade Suhendra pada kesempatan kemarin mengatakan,” DPP PLPPBI akan mendukung gawean DPD nya demi kepentingan yang luas. PLPPBI milik orang banyak bermitra dengan Pemerintah, rasa keprihatinan yang besar terhadap kemajuan wilayah NKRI mendorong PLPPBI untuk ikut berperan aktif sesuai kemampuan, Kami akan dukung DPD yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan”. Tata kelola Curug Rahong dan sekitar nya masih sederhana. Perlu ada pebenahan, potensi Curug yang besar tidak cukup jika hanya dikelola oleh Karang Taruna atau warga sekitar. Campur tangan Pemerintah, masyarakat luas, investor sangat dibutuhkan untuk pengembangan potensi. PLPPBI siap bantu menjembatani birokrasi maupun keterlibatan pengelolaan curug dan lain nya”, demikian pungkas Hendra.

Ucapan senada disampaikan oleh Beni Mamat ,” PLPPBI siap membantu Karang Taruna/warga sekitar untuk pengembangan potensi kekayaan alam dan aset daerah. Sebagai putra daerah kami merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu yang lebih, sebagai warga negara kami punya tanggung jawab yang besar”, ungkap nya. Kehadiran PLPPBI bukan untuk pesaing tapi sebagai mitra/saudara yang profesional dan dewasa. Masih banyak yang harus dikerjakan untuk kelanggengan Curug, sarana prasarana harus dipenuhi, pengelolaan dibenahi, akses jalan diakomodir, para investor ditunggu. Semoga silaturahmi PLPPBI ke Curug Rahong dan sekitar nya bisa berkesinambungan kedepan nya, tangan terbuka menjadi harapan bersama”, demikian ungkap Beni. (Mercy)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.