BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), kepada seluruh kader kesehatan se-Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Listya Windyarti selaku Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel mengatakan, kegiatan pembinaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kualitas para kader kesehatan.

“Jadi saat kader kesehatan turun ke masyarakat, bisa mengerti apa yang telah disampaikan atau disosialisasikan,” kata Listya, Selasa 23 Mei 2017.

Sementara itu, Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menambahkan, kader kesehatan harus mengerti dan paham betul tentang pola hidup sehat. Kader posyandu harus bisa menjelaskan kemasyarakat mengenai 1000 hari kehidupan.

“Jangan sampai salah pengertian seperti yang ramai dibicarakan di media sosial, 1000 hari periode emas bukan berarti hamil sampai 1000 hari,” ujar Airin.

Dijelaskan, 1000 hari pertama kehidupan adalah 270 hari selama masa kandungan kehamilan itu adalah periode emas janin, ditambah 730 hari kehidupan selama 2 tahun adalah periode emas balita. Jadi 1000 hari kehidupan dimulai dari kandungan sampai dengan usia anak balita.

 

Iyar

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.