img_2520BESTTANGSEL.COM- Setelah dilakukan pemeriksaan dan penggrebekan oleh pihak kepolisian terhadap penyalur PRT, PT Citra Kartini Mandiri (CKM) di Jalan Kucica XVI No.17, Sektor 9, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, terkait adanya laporan penyekapan terhadap salah satu calon PRT yang berasal dari Nusa Tenggara Timur atas nama Dominggas Dwikura (34), Direktur PT CKM akhirnya buka suara, Jumat (14/10/2016).

Riyadiyanto selaku Direktur dan penanggung jawab PT CKM dalam keterangannya kepada wartawan mengatakan, sangat menyayangkan sekaligus menyangkal kalau perusahaannya telah menyekap Dominggas, karena tidak seperti itu kondisi sesungguhnya.

Sebagai calon PRT asal NTT, Dominggas ditampung di mess lantai dua PT.CKM untuk mendapatkan pelatihan sembari menunggu panggilan kerja bersama 20 calon PRT lainnya, namun selama delapan hari tinggal di penampungan, diduga ibu dengan lima orang anak tersebut tidak betah dan ingin pulang ke kampung halamannya.

“Faktanya tidak ada penyekapan, yang ada hanyalah keinginan Dominggas yang sudah tidak betah tinggal didalam asrama, dan berniat pulang ke kampungnya,” terangnya.

Dari keterangan yang dihimpun, Dominggas diketahui menghubungi pihak keluarganya di NTT dan beralasan bahwa dirinya disekap di mess PT CKM, berdasarkan keterangan itulah pihak keluarganya membuat laporan kepihak kepolisian yang selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan penggrebekan oleh Unit Jatanras Polda metro Jaya.

Sayangnya puluhan personil kepolisian yang terdiri dari Unit Jatanras Polda metro Jaya, yang datang dengan menggunakan pakaian preman tersebut, tanpa menunjukkan surat tugas dan langsung melakukan penggeledahan kesemua lantai serta membawa Dominggas tanpa ada surat resmi (Sprindik).

“Ini sebuah pelanggaran karena melakukan tindakan tanpa ada surat tugas, petugas hasrusnya mengkonfirmasi dulu tentang informasi tersebut,” imbuh Riyadiyanto.

Menanggapi kejadian tersebut, pihak PT CKM sendiri telah melaporkan tindakan yang diduga tidak prosedural yang dilakukan oleh personil kepolisian saat penggerebekan itu ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Div. Propam) Mabes Polri.

Berdasarkan pantauan  besttangsel.comimg_2520 di lokasi mess PT. CKM, sekitar 20 calon PRT lainnya berada dalam kondisi baik dan masih melakukan aktifitas seperti biasanya.

Amelia Dosantos, salah satu calon PRT yang berasal dari Kabupaten Belu, NTT mengatakan, kondisinya baik-baik saja, tidak ada penyekapan seperti yang dilaporkan oleh rekannya.

“Disini saya baik-baik aja, tidak disekap seperti kata dominggas, itu alasan dia aja supaya bisa dipulangkan kekampungnya” ujar Amelia.

 

Teks : Iyar

Foto : Iyar