BESTTANGSEL.COM, Tangerang – PT Bumi Serpong Damai (BSD) Tbk, pengembang BSD City, menggelar Festival Hijau BSD City ke-15, guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Dunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni. Kegiatan yang berisikan kampanye, inisiasi, dan gerakan cinta lingkungan, diselenggarakan di kawasan Pasar Modern dan Intermoda BSD City, Cisauk, Kabupaten Tangerang, 27-28 Juli 2018.

Puncak kegiatan Festival Hijau BSD City hari ini, dihadiri oleh Pejabat (Pj) Bupati Tangerang, Komarudin MAP serta dimeriahkan penampilan Duta Lingkungan Hidup Indonesia Dik Doang.

Festival Hijau BSD City 2018, merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT BSD Tbk-Sinar Mas Land, di bidang lingkungan. Tahun ini mengangkat tema “Nature is not a place to visit. It is home!”

Dalam sambutannya, Direktur PT BSD Tbk Syukur Lawigena mengatakan, kegiatan Festival Hijau BSD City 2018 yang berlangsung selama dua hari, diikuti 350 anggota OSIS SMP/MTS dari sembilan sekolah peserta program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan, yang diinisiasi PT BSD Tbk beberapa waktu lalu.

Menurut Syukur, kegiatan utama dalam penyelenggaraan Festival Hijau BSD City 2018 adalah pelaksanaan berbagai pelatihan mengenai lingkungan hidup, yang akan diberikan oleh akademisi, aktivis lingkungan, LSM, dan organisasi lingkungan hidup. Pelajar SMP/Mts yang menjadi peserta Festival Hijau BSD City 2018 akan mengikuti pelatihan tersebut dalam sejumlah kelas workshop, yaitu kelas efek rumah kaca, komposting, reboisasi, konservasi, biopori, dan polusi udara.

Sebanyak 350 pelajar di Tangerang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Festival Hijau ke-15 BSD City.

“Kelas-kelas workshop tersebut diharapkan dapat memberikan pengetahuan kepada pelajar SMP dan MTs tentang berbagai cara dan upaya serta manfaat melestarikan lingkungan hidup. Sehingga mereka kelak akan menjadi individu-individu yang berani dan gigih menjaga kelesatarian alam demi kelangsungan kehidupan manusia,” ungkap Syukur.

Penyematan syal kepada pelajar yang menjadi Pemuda Penggerak Penghijauan 2018 di Kabupaten Tangerang.

Tidak hanya mengikuti kelas tentang pelestarian lingkungan, Ke-350 pelajar tersebut juga berkesempatan dilantik oleh Pejabat Bupati Tangerang sebagai Pemuda Penggerak Penghijauan tahun 2018. Sebelumnya, pada tahun 2017, Bupati Tangerang juga telah melantik 200 Pemuda Penggerak Penghijauan.

Dalam kesempatan tersebut, Komarudin memberikan apresiasi kepada PT BSD yang telah banyak berkontribusi dengan masalah penghijauan di Kabupaten Tangerang. Terlebih lagi PT BSD ikut melestarikan pohon yang menjadi icon di Kabupaten Tangerang.

“Saat ini baru 2000 bibit pohon Rambutan Parakan yang dibagikan dan ditanam di Kabupaten Tangerang, pemkab berharap akan terus berlanjut, karena Rambutan Parakan adalah pohon khas Tangerang, yang saat ini sudah sangat jarang bisa ditemukan,” ujar Komarudin.

Sebelum usai, semua yang hadir berkesempatan untuk melakukan penanaman pohon Rambutan Parakan di lingkungan sekitar Pasar Modern 2 Intermoda BSD City Tangerang.

Pelaksanaan Festival Hijau BSD City 2018 didukung oleh Eksisna, Komunitas Peduli Lingkungan BPI (Kopeling), Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek), Urban Garden BSD, Rumah Pintar Eco Living LP2M ITI, PT SMART Tbk., Eka Hospital, APP Indah Kiat, Smartfren, BSD X-treme Park dan Ocean Park.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.