BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan-WHO menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 berpeluang menyebabkan pasokan darah dan komponen darah menurun. Oleh karen itu, sebaiknya kita tetap melakukan donor darah di tengah pandemi.

“Itu menjadi alasan bagi Palang Merah Indonesia (PMI) Tangsel untuk tetap membuka layanan donor darah. Dan baru-baru ini, tepatnya pada tanggal 5 September 2020, PMI Tangsel berhasil mengumpulkan 80 kantong darah, dari pelaksanaan donor darah di Teraskota BSD selama kurang lebih 4 jam,” ujar Adjie Ekawarman Hasan, Sekjen PMI Tangsel.

Alasan lain menurut Adjie adalah, berdasarkan data yang saat ini tersedia, belum ditemukannya adanya penularan Covid-19 melalui transfusi darah. “Namun pendonor diwajibkan menjalani scrining dan pencegahan mandiri sebelum dan selama melakukan donor darah,” imbuhnya.

Meski tidak mewajibkan Rapid test bagi pendonor, menurut Adjie, PMI Tangsel tetap menerapkan protokol kesehatan. “Memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan atau memakai hand sanitizer sebelum mendonor. Untuk petugas PMI juga diwajibkan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD), sesuai protokol kesehatan. Ini juga yang dipesankan oleh Ketua PMI Tangsel, Ibu Airin Rachmi Diany,” tutup Adjie. (AS)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.