BESTTANGSEL.COM, CIKARANG-Siloam Hospitals Lippo Cikarang mengadakan diskusi kesehatan melalui webinar seputar imunisasi untuk pasien dewasa maupun usia lanjut (manula), pada Kamis 18 Juni 2020.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam dari Siloam Hospitals Lippo Cikarang, dr. Ida Melani Santoso, SpPD, FINASIM, mengatakan bahwa sebagian masyarakat masih berpandangan bahwa vaksinasi/ imunisasi hanya diperlukan pada balita atau anak-anak. “Pandangan tersebut harusnya bisa kita ubah bahwa imunisasi di usia dewasa dengan kategori usia lebih dari 19 tahun termasuk hal yang penting. Pada imunisasi dewasa mempunyai tujuan meningkatkan kekebalan imun pada tubuh terlebih di masa Pandemi Covid-19 ini,” sebut dokter Ida dalam diskusi webinar yang mengangkat tema “Peran Imunisasi Dewasa Pada Masa Pandemi Covid-19.

Menurut dokter Ida, dari belasan vaksin untuk dewasa yang ada di Indonesia, ada tiga jenis vaksin yang penting dan sesuai anjuran WHO untuk diberikan pada saat Pandemi Covid -19, yaitu:
1. Influenza
2. Pneumonia
3. Pertusis atau batuk rejan yang vaksinnya dikombinasi dengan Difteri dan Tetanus (DTaP).

“Dengan mendasari himbauan bahwa mencegah dengan imunisasi (meningkatkan kekebalan tubuh dengan vaksin) menjadi pilihan terbaik dibanding mengobati,” ungkap dokter Ida.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menginformasikan bahwa seluruh jaringan Rumah Sakit Siloam yang ada di tanah air telah melayani vaksinasi dengan menerapkan protokol kesehatan “Lawan Covid -19″ yang sesuai standarisasi pemerintah dalam melayani masyarakat.

“Jadi tidak perlu khawatir untuk datang ke rumah sakit. Rumah Sakit Siloam menyediakan sarana untuk konsultasi melalui Aplikasi Online yang dapat didownload bilamana masyarakat memerlukan pelayanan telekonsultasi di masa Pandemi Covid-19, juga dipastikan bahwa Siloam Hospitals Lippo Cikarang menyediakan vaksinasi tersebut di atas,” pungkas sang dokter. (rlls/As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.