BESTTANGSEL.COM, TANGSEL- Di era sekarang ini menjalin hubungan dengan seseorang merupakan keharusan, dengan itu kita bisa saling memahami satu sama lain. Peran komunikasi sangatlah penting sebagai sebuah jembatan yang menghubungkan perasaan, pikiran, dan ide antar seseorang. Tanpa komunikasi yang baik, sulit untuk memahami dan dipahami oleh orang lain. Oleh karena itu kita harus berkomunikasi dengan baik, tetapi pada saat ini terdapat sebuah masalah yang menghambat hal tersebut yaitu dengan kemunculan sikap silent treatment.

Apa itu Silent Treatment?

Silent treatment adalah sikap dimana seseorang cenderung memilih untuk diam saat ada masalah dalam suatu hubungan pertemanan hingga percintaan, Silent treatment biasanya juga terjadi setelah sebelumnya beradu argumen yang intens antar individu (Adinda 2020). Silent treatment merupakan sebuah perilaku saat seseorang menunjukkan ketidakinginan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Sekalipun berkomunikasi, orang yang memiliki sikap ini cenderung menahan diri untuk terbuka kepada lawan bicara nya. Pada hal ini, orang yang mendapatkan perlakuan silent treatment akan menyadari bahwa diri nya tidak di anggap dan tidak dihormati oleh si pelaku.

Umumnya seseorang bersikap diam dalam sebuah hubungan disebabkan karena kurangnya kemampuan untuk berkomunikasi (Safarini 2023). Akan tetapi, sebagian orang justru sengaja berperilaku silent treatment bertujuan untuk memanipulasi orang lain. Sikap ini termasuk dalam kekerasan emosional, dengan respon yang diberikan dari sikap silent treatment membuat lawan bicaranya merasa direndahkan dan dipermalukan. Pelaku biasanya enggan untuk menyelesaikan masalah yang terjadi dan menimbulkan kebingungan terhadap lawan bicara nya.

Dampak dari Silent Treatment dalam hubungan

Tentunya perilaku dari silent treatment sangat berpengaruh dalam sebuah hubungan, Berikut ini dampak negatif yang ditimbulkan:

Tidak ada solusi dari permasalahan

Sikap silent treatment yaitu menghindar dan berdiam saat menghadapi masalah yang ada akan membuat permasalahan tidak kunjung selesai dan mendapatkan jalan keluar nya.

Masalah tidak selesai dengan baik

Sikap silent treatment menimbulkan kebingungan dan ketidakjelasan kepada lawan bicara nya, hal itu tidak menghasilkan penyelesaian masalah yang baik karena menggantungkan perasaan orang lain.

Selain itu, silent treatment juga memiliki dampak positif yaitu:

Mencegah terjadinya konflik

Dengan berdiam dan tidak banyak berbicara, tentunya kita bisa menghindari sebuah masalah karena kita tidak melakukan komunikasi yang memancing sebuah konflik.

Membuat ruang untuk refleksi

Dalam situasi tertentu diri kita butuh untuk berdiam sejenak, untuk merefleksikan pikiran kita agar komunikasi yang dilakukan setelahnya bisa terjalin dengan baik.

Solusi Bagi Si Silent Treatment

Adapun solusi bagi penderita silent treatment untuk mengurangi bahkan menghilangkan sikap tersebut dengan cara berkomunikasi yang baik. Penderita silent treatment umunya bingung dan tidak tahu cara untuk mengutarakan apa isi hatinya, hal itu menyebabkan komunikasi yang buruk saat berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena itu, kami memberikan beberapa tips untuk penderita silent treatment agar bisa berkomunikasi dengan baik.

Tips berkomunikasi dengan baik:

* Menghargai dan menghormati apa yang dibicarakan oleh lawan bicara

* Dengan menghargai serta menghormati lawan bicara, tentu saja komunikasi yang dijalin akan terasa nyaman dari kedua pihak.

* Bersikap mau terbuka dan jujur saat berkomunikasi

* Apabila kita bersikap terbuka dan jujur, kita akan merasa nyaman saat berkomunikasi dengan seseorang tanpa menutup-tutupi suatu hal.

* Jangan memikirkan hal yang tidak bisa kalian kontrol

* Jika kita menerapkan hal ini saat berkomunikasi, kita tidak akan terpikirkan tentang hal-hal di luar kontrol kita yang menimbulkan keresahan dan kecemasan saat kita berkomunikasi.

* Nyamankan diri kalian dengan perasaan yang positif

* Sebelum berkomunikasi dengan seseorang, bagus untuk kita menumbuhkan perasaan yang positif terlebih dahulu agar komunikasi terjalin dengan baik.

Manfaat Berkomunikasi dengan Baik

Bagi penderita silent treatment, dengan menerapkan komunikasi yang baik pada kehidupan sehari-hari tentunya sangat membantu mereka. Beberapa manfaat dari berkomunikasi dengan baik bagi penderita silent treatment yaitu:

* Meredakan ketegangan saat berkomunikasi

* Membangun rasa percaya diri saat berkomunikasi

* Memberikan kenyamanan untuk mengutarakan isi hati.

Dapat kita simpulkan bahwa sikap silent treatment terkadang memang diperlukan untuk memberikan ruang refleksi terhadap diri kita. Tetapi dampak yang ditimbulkan dari sikap ini tidak baik, maka dari itu kita harus meninggalkan nya dengan bmulai menerapkan komunikasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari.

(Penulis : Mochamad Rayhan Agustian – Prodi Ilmu Komunikasi – Universitas Pembangunan Jaya).

REFERENSI

Silent treatment: Pengertian, Dampak, Dan Langkah Menghadapinya. (2023, June 30). Best Seller Gramedia. https://www.gramedia.com/best-seller/silent-treatment/

Ermul, R. A. (2022, October 31). Komunikasi sebagai Jembatan Penghubung Manusia. kumparan. https://kumparan.com/rahmadalzhaermul22/komunikasi-sebagai-jembatan-penghubung-manusia-1z9V2k8RCc0

Safarini, D. G. (2023, October 27). Gen Z Tak asing lagi! Ini resep untuk kamu menghadapi silent treatment dengan pasangan agar Tak semakin rumit. – Hops ID – Halaman 2. https://www.hops.id/fit/29410649058/gen-z-tak-asing-lagi-ini-resep-untuk-kamu-menghadapi-silent-treatment-dengan-pasangan-agar-tak-semakin-rumit?page=2

Leave a Reply