BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Sinergitas berbagai ilmu sangat diperlukan untuk menciptakan kota pintar atau Smart City. Menanggapi hal tersebut, Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Bintaro Tangerang Selatan, menggelar seminar bertema ARTECH, Selasa, 27 Februari 2018.

Seminar yang diikuti oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia ini, menghadirkan pakar teknologi, arsitek, dan seni, di antaranya; Ir. Rudianto Handoyo IP.M, Direktur Eksekutif PII, Achmad D. Tardiyana, Principal Director PT Urbane Indonesia, Reza A. Nurtjahja, Principal Managing Director PT Urbane, Eka Permanasari, Ph.D, Urban Designer yang juga Wakil Dekan FTD UPJ, serta Prof. Dr. Ir. Teddy Mantoro, M.Sc., SMIEE.

“Ini merupakan seminar yang mensinergikan antara Fakultas Teknologi dan Desain. Sebab, keduanya merupakan komponen penting untuk mewujudkan Smart City,” tutur Dr. Leenawaty Limantara, Ph.D, Rektor UPJ Bintaro.

UPJ memiliki komitmen untuk menjadikan mahasiswa yang bisa tentang berbagai ilmu, termasuk juga ilmu bagaimana menjadi seorang entrepreneur. Kami juga selalu berupaya mewujudkan para lulusan sebagai manusia yang kreatif, dan memiliki jiwa kompetitif.

Pendapat senada juga dikatakan oleh Ir. Resdiansyah, ST., MT. Ph.D, Dekan Fakultas Teknologi dan Desain UPJ yang juga Director of Pembangunan Jaya Center for Urban Studies, “Saat ini banyak kota yang memproklamirkan diri sebagai kota pintar, padahal masih belum memenuhi standar sebagai kota pintar atau Smart City. Sebab, kota pintar adalah apabila telah memenuhi unsur kemudahan, keamanan dan kenyamanan bagi penghuninya yang merupakan masyarakat urban. Dan UPJ dilahirkan dengan konsep urban, sehingga tema ini sangat sesuai dengan apa yang hendak kami capai.”

Terkait dengan tema seminar, Ketua Penyelenggara yang juga Kepala Prodi Fakultas Arsitektur UPJ, Ratna Safitri, S.T., M.Ars., mengatakan, “Sharing ilmu itu sangat penting, untuk itu kami menghadirkan pakar dan ahli dalam membangun kota. Mahasiswa UPJ dan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya bisa menambah ilmu dan wawasan tentang Smart City dari para pakar arsitektur, teknologi dan perancang perkotaan.”

Selain menggelar seminar, mahasiswa yang hadir juga berkesempatan untuk mengikuti workshop tentang arsitektur perkotaan, teknologi dan desain, dan aneka bazaar yang bisa membangkitkan jiwa entrepreneur mahasiswa.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.