BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Sejak Pandemi covid-19, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai belajar online karena situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan untuk tetap melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar di sekolah. Sebagai upaya untuk mencegah pandemi Covid-19, mulai 16 Maret 2020 sekolah menerapkan metode pembelajaran siswa secara daring.

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Hal ini sesuai dengan anjuran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Lalu, efektifkah pembelajaran daring ini?

Kalau bicara tentang efektif tentu saja tidak efektif, bagaimana tidak, kegiatan Pembelajaran secara online ini memaksa orang tua yang menjadi guru sekaligus pengawas kegiatan pembelajaran online. Bahkan bukan hanya itu saja permasalahan yang terjadi, banyak orang tua yang, mengeluh kalau anaknya susah diajarkan dengan orang tuanya sendiri. Akibatnya, banyak orang tua yang harus menarik urat pada saat mengajarkan anaknya pembelajaran secara online.

Ketidakefektifan terjadi pun ketika orang tua harus bekerja tetapi juga harus melaksanakan pengawasan anak untuk tetap mengikuti pembelajaran secara on line, sehingga tidak sedikit siswa yang harus terlambat mengerjakan dan mengumpulkan tugas ke guru masing-masing.

Kesuksesan pembelajaran daring selama masa Covid-19 ini tergantung pada kedisiplinan semua pihak. Oleh karena itu, pihak sekolah di sini perlu membuat skema dengan menyusun manajemen yang baik dalam mengatur sistem pembelajaran daring. Hal ini dilakukan dengan membuat jadwal yang sistematis, terstruktur dan simpel untuk memudahkan komunikasi orangtua dengan sekolah agar putra-putrinya yang belajar di rumah dapat terpantau secara efektif.

Kerja sama yang baik antara guru, siswa, orangtua siswa dan pihak sekolah/ madrasah menjadi faktor penentu agar pembelajaran daring lebih efektif.

Semoga pandemi Covid-19 ini cepat berlalu seiring dengan kebijakan pemerintah kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. Sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana kembali dengan normal.

Penulis : Harjoyo, S.E., M.M, DosenUniversitas Pamulang

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.