BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Selain menerapkan metode pembelajaran yang kolaboratif, Universitas Multimedia Nusantara (UMN) turut fokus memperhatikan pengembangan soft skill mahasiswanya. Hal ini telah dibuktikan oleh Kevin Zaprilan Lovis dan Jennifer Handali, yang tidak saja bisa lulus dengan predikat terbaik tetapi juga bisa memiliki pekerjaan yang baik dan menjanjikan.

Kevin Zaprilan Lovis adalah seorang Marketing & Communications Officer Investree, salah satu peer-to-peer lending (fintech lending) di Indonesia. Sementara Jennifer Handali adalah seorang UI/UX Designer Shopee Indonesia.

Kevin yang lulus dari program studi Ilmu Komunikasi UMN. Selama kuliah, Kevin aktif mengikuti beragam kepanitiaan dan organisasi. Hal ini membuatnya memiliki bekal dan pengalaman untuk pekerjaannya saat ini.

“Selama kuliah saya selalu mengikuti kepanitiaan dan organisasi yang selalu didukung oleh stake holder yang ada di UMN yang telah banyak memberi saya bekal dan pengalaman dalam pekerjaan saat ini. Selain itu, fasilitas UMN yang paling memadai adalah internet yang dapat diakses di semua area kampus. Perpustakaannya juga punya koleksi buku yang lengkap, jurnal online dan ruang diskusi yang sangat nyaman. Lingkungan kampus juga nyaman karena masih banyak pohon,” ujar Kevin Ketua I’M KOM UMN Generasi VII, saat dijumpai dalam wisuda UMN ke XIV, (1/12).

Serupa dengan Kevin, Jennifer Handali lulus dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) UMN, dengan predikat Cendekia Oetama. Jennifer terpilih tidak hanya berkat prestasinya di bidang akademis melainkan juga berkat kontribusinya secara aktif dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara UMN Ultima Sonora yang memenangkan kompetisi berskala nasional dan internasional, serta keikutsertaannya dalam komunitas sosial berbasis kreativitas, Social Designee, yang di-mentoring oleh tech incubator UMN Skystar Ventures.

Menurut Jennifer, soft skill merupakan nilai utama yang penting sekali dimiliki manusia. “Bagaimanapun kemampuan teknis Anda, apabila didukung dengan sikap dan growth mindset yang tepat, Anda pasti menjadi orang yang berhasil. Soft skill ini perlu digali sejak kuliah, sebab menjadi salah satu faktor yang dipertimbangkan perusahaan juga. Saya mengajak mahasiswa untuk berani dan aktif mengikuti organisasi di dalam maupun di luar kampus. Tidak hanya nilai akademis saja yang perlu dipertahankan, sebab kepribadian kita lebih banyak ditempa dalam kerjasama tim dan hubungan kita dengan orang lain.”

Penempaan soft skill yang dilakukan UMN meliputi kompetensi memecahkan masalah (problem solving), adaptasi (adaptability), kolaborasi (collaboration), kepemimpinan (leadership), kreativitas dan inovasi (creativity and innovation).

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.