BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Sistem zonasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) secara online belum berjalan sempurna. Pendaftaran secara online yang diberlakukan sejak 4-7 Juli banyak terjadi kekacauan.

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kota Tangsel, Taryono, mengakui bila sistem zonasi PPDB secara online memang belum berjalan dengan baik.

Taryono juga mengatakan bahwa Dinas Pendidikan Kota Tangsel hanya menjalankan regulasi, tentang Peraturan Menteri Dikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang PPDB telah diatur dalam zonasi. Padahal menurutnya, PPDB tahun 2017 mengajak masyarakat untuk melihat langsung penerimaan siswa secara transparan serta akuntabel.

Infrastruktur jaringan internet yang sulit diakses, dan belum adanya NIK anak di Kartu Keluarga yang bersangkutan, adalah kendala PPDB 2017. Mengatasi hal tersebut Dinas Pendidikan Kota Tangsel telah menggandeng Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) dan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Tangsel.

Semalam, 7 Juli 2017, Diskominfo Kota Tangsel mengeluarkan pengumuman resminya terkait PPDB 2017.

Bapak / Ibu saat ini kami masih melakukan ujicoba untuk aplikasi input pendaftaran untuk operator, terkait hasil ujicoba masih belum mendapat data yang bagus, sehingga saat ini kami masih trial dan perbaiki untuk segera bisa digunakan untuk penginputan. Kami akan kejar terus malam ini.

Terkait dengan permasalahan yang timbul saat pendaftaran beberapa hari ini, kita akan memberikan solusi sesuai dengan kejadiannya :

1. Untuk kasus yang NIS sudah digunakan dan pilihan yang dipaksa masuk ke zona 3 ataupun pilihan sekolah hanya keluar satu akan dilakukan penghapusan data oleh tim kami. Untuk list bisa dibuat dalam excel dan dikirimkan melalui email.

2. Untuk yang nilai usianya 0 itu hanya berupa hasil cetak di pdf saja, semua nilai baik usia, jarak, mata pelajaran dan prestasi masuk dalam database kami dan ditampilkan di perhitungan sementara. Untuk bukti pendaftaran yang sudah terlanjur tercetak nilai 0 untuk usia akan disediakan menu Cetak Pendaftaran Ulang.

3. Untuk skor jarak yang dirasa tidak sesuai antara hasil perhitungan sistem dan jarak realnya akan dilakukan validasi jarak dengan menghitung koordinat sesuai alamat pendaftar dengan sekolah yang dituju dan akan dilakukan input manual ke nilai jarak apabila hasil validasi benar.

Kami harapkan semua permasalahan yang timbul akan teratasi sehingga diharapkan hari ini, Sabtu, 8 Juli 2017 input berkas sudah bisa selesai. Untuk hasil perhitungan sementara nilai akan otomatis menghitung secara berkala di table nilai, sehingga hasil akhir nilai menunggu semua inputan data masuk kedalam sistem.

Sekali lagi mohon maaf atas ketidaknyamananya, dan mungkin bapak / ibu sambil menunggu tim menyelesaikan input pendaftaran untuk operator selesai seperti yang diinginkan bapak / ibu bisa istirahat terlebih dahulu atau bisa juga mengisi master data nilai UN ataupun master data NIK. Terima kasih

 

Ashri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.