Anak-anak tampak antusias mengikuti lomba robot yang diadakan di ICE BSD City, Minggu, (22/04/2018)

BESTTANGSEL.COM, Tangerang – Ratusan anak usia SD, SMP dan SMA tampak antusias mengikuti “Indonesia Youth Robot Competition” (IYRC) yang di gelar hari ini, 22 April 2018, di Indonesia Center Exhibition (ICE) BSD City Tangerang. Ajang bergengsi tahunan ini adalah hasil kerjasama Sinar Mas Land, bersama International Youth Robot Association (IYRA) dan Kementerian Pendidikan Republik Indonesia.

Ada 8 kategori lomba dalam IYRC 2018, di antaranya; Robot Soccer, Robot Kinder Mission, Sumo, Games Humanoid marathon, Humanoid Boxing robot, dan yang menarik perhatian adalah kategori lomba robot creative, yakni lomba untuk membuat karya aplikatif berbasis robotic dengan tema pilihan juri yaitu Medical, Military, Traditional Culture serta Smart Transport/City.

Pemenang dalam kompetisi ini akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang World Robot Competition (WRC) 2018 yang berlangsung di Beijing, China dan akan diikuti 20 negara pada 29-31 Agustus 2018.

“Ini merupakan proses seleksi anak-anak untuk ikut lomba robotik tingkat dunia, yang rencananya akan digelar Agustus 2018 di Beijing, China,” tutur Firdiansyah, Ketua IYRC 2018 di ICE BSD City.

Dengan diselenggarakannya perhelatan akbar skala nasional ini, diharapkan anak-anak Indonesia dapat bersaing di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan high-technology seperti saat ini. IYRC sendiri dipersembahkan oleh Sinar Mas Land untuk pengembangan proyek Digital Hub. Melalui acara ini, diharapkan dapat bermunculan talenta-talenta baru untuk lebih berkarya bagi masa depan Indonesia.

Robot Soccer, salah satu kategori yang dipertandingkan di IYRC 2018.

“Adalah suatu kebanggaan bagi Sinar Mas Land, bisa menjadi saksi keberhasilan anak-anak Indonesia di dunia internasional, khususnya dalam bidang IT. Hal ini sejalan dengan visi misi dalam membangun kawasan Digital Hub, untuk itu, kami akan selalu memberikan dukungan kepada masyarakat ataupun komunitas di bidang digital teknologi,” ujar Panji Himawan, Head of Corporate Communication, Sinar Mas Land.

BSD City saat ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event dibidang IT (Information Technology) bertaraf nasional dan internasional. Hal ini karena saat ini, Sinar Mas Land saat sedang mengembangkan “Digital Hub” sebuah area yang ditujukan untuk Komunitas Digital mulai dari startup company, tech company, dan  institusi pendidikan yang bergerak di bidang IT.

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap, “Sinar Mas Land melalui Indonesian Youth Robot Competition (IYRC)  terus mendukung dan mengembangkan dengan melahirkan konsep perhelatan akbar berbasis high-technology yang bertaraf internasional untuk terus mengembangkan BSD City sebagai integrated smart digital city, yang tidak hanya dilengkapi dengan jaringan infrastruktur teknologi namun juga dilengkapi dengan penyediaan mobile application yang terintegrasi dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat BSD City. Inilah yang akan dimaksimalkan oleh BSD City, menjadi tempat berkumpulnya para komunitas pecinta teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai event di bidang teknologi.”

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.