Panji Himawan, Head of Corporate Communication, Sinar Mas Land yang juga tim support Digital Hub BSD City, saat membuka Indonesia Youth Robot Competition” (IYRC) 2018, yang ditandai dengan pemukulan gong oleh robot, Minggu (22/04/2018).

BESTTANGSEL.COM, Tangerang – BSD City saat ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event dibidang IT (Information Technology) bertaraf nasional dan internasional. Setelah sukses menggelar Digital Games Competition minggu lalu, kali ini BSD City menyelenggarakan  “Indonesia Youth Robot Competition” (IYRC) 2018, yang di gelar hari ini, 22 April 2018, di Indonesia Center Exhibition (ICE) BSD City Tangerang.

Indonesia Youth Robot Competition/IYRC 2018 ke 4 adalah event tahunan terbesar kompetisi robotic anak berskala Nasional  yang di gelar  oleh International Youth Robot Association (IYRA) Regional Indonesia dan bekerjasama dengan  Sinarmas Land  serta Kementerian Pendidikan. Event Robotic bertema “Robot Helping People” ini menghadirkan 8 model kompetisi robotic favorite anak anak yaitu Robot Soccer, Kinder Mission, Brick Speed, Maze Solving, Push Push, Creative Maker, Humanoid Marathon & Boxing bahkan Internet of Things/IoT Robot (pertama di dunia). Kompetisi ini terdiri dari 3 level yaitu TK, SD dan SMP-SMA dengan robot beragam dan mengadopsi Kategori lomba International/IYRA yang berpusat di Korea.

Salah satu tim peserta lomba “Robot Helping People” BSD City IYRC 2018, saat sedang memperagakan robot penyapu jalan dan pengangkut sampah.

Selain bisa meraih kesempatan berlomba di event internasional, menurut Firdiansyah, Ketua IYRC 2018, kompetisi ini berguna untuk untuk mengasah kemampuan sejak dini di bidang Science Technology, Engineering dan Math (STEM), melatih kerjasama tim, percaya diri serta penajaman terhadap logic think anak. Mereka akan diasah untuk menghadapi tantangan kedepan. Selain itu, anak-anak juga dituntut untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan teknologi, serta menjadi problem solver dan tentunya menjadi sarana untuk melatih entrepreneurship skill berbasis technology atau sering kita kenal dengan Technopreneur.

“Saat ini IYRA telah bekerjasama dengan sekolah-sekolah yang ada di Tangerang Raya dan sekitarnya, di bidang ekstra kulikuler pembuatan robot. anak-anak yang berprestasi akan kami ikutkan dalam berbagai ajang kompetisi baik nasional maupun internasional, dan tidak sedikit anak-anak Indonesia yang menjadi juara di kompetisi dunia,” ungkap Firdiansyah yang mengapresiasi dukungan Sinar Mas Land pada kegiatan tersebut.

Pemenang dalam kompetisi ini akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang World Robot Competition (WRC) 2018 yang berlangsung di Beijing, China dan akan diikuti 20 negara    pada 29-31 Agustus 2018. Dengan diselenggarakannya perhelatan akbar skala nasional ini, diharapkan anak-anak Indonesia dapat bersaing di era digital yang dipenuhi dengan perkembangan high-technology seperti saat ini.

Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land, Irawan Harahap,“Ini merupakan salah satu support kami terhadap komunitas technology yakni robotic, Dengan diselenggarakannya IYRC 2018 ini mampu memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk bersaing ditingkat dunia dengan membuktikan bahwa penerus bangsa ini mampu menciptakan robot-robot yang tak kalah dengan negara-negra lain. IYRC akan terus mendorong dan berusaha memfasilitasi apa yang menjadi cita-cita generasi muda Indonesia yang cinta akan teknologi khususnya dalam mendesain, merakit dan memprogram robot yang bertujuan untuk mengasah kreativitas generasi muda agar mampu bersaing baik skala nasional hingga internasional.”

Membuka kompetisi tersebut, Panji Himawan, Head of Corporate Communication Sinar Mas Land, yang juga tim support Digital Hub BSD City mengatakan, “IYRC 2018 dipersembahkan oleh Sinar Mas Land untuk pengembangan proyek Digital Hub. Melalui acara ini, diharapkan dapat bermunculan talenta-talenta baru untuk lebih berkarya bagi masa depan Indonesia. Melalui Digital Hub, Sinar Mas Land tidak hanya mengembangkan proyek propertinya, melainkan membantu pengembangan komunitas industri teknologi sehingga menjadi ekosistem teknologi terbesar di Indonesia juga membawa nama baik Indonesia dimata dunia melalui teknologi.”

 

Asri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.