BESTTANGSEL.COM, DEPOK – Setelah rampung dibangun sejak tahun 2015, Siloam Hospitals Group kemarin, (29/08) melakukan soft opening Rumah Sakit Jantung Diagram yang berlokasi di Cinere Depok. Hadir pada acara tersebut dr. Agus Hadian Rahim, Sp.OT(K), M.Epid, MH.Kes Sekretariat Dirjen Yankes Kemenkes RI, Drs. Achmad Kavrawi Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Depok, Drg. Novarita Kepala Dinkes Depok, perwakilan Kepolisan dan Dandim, tokoh masyarakat setempat, dan jajaran manajemen Rumah Sakit Jantung Diagram dan Siloam Hospitals Group.

Melalui soft opening ini, Rumah Sakit Jantung Diagram semakin meneguhkan komitmennya untuk memberikan pelayanan kesehatan yang unggul, terkhusus bidang kardiovaskular, dengan menghadirkan suasana nyaman didukung oleh para dokter spesialis, sub-spesialis, serta tenaga medis yang kompeten dan berpengalaman demi upaya penyelamatan dan pemulihan pasien.

Rumah Sakit Jantung Diagram saat ini berkapasitas 33 tempat tidur, terdiri dari 1 tempat tidur Super VIP, 5 tempat tidur VIP, 10 tempat tidur Kelas 1, 4 tempat tidur Kelas 2, 7 tempat tidur Kelas 3, dan ruangan rawat intensif (3 tempat tidur HCU, 2 tempat tidur ICU/ICCU, dan 1 tempat tidur Isolasi). Ke depannya, kapasitas tempat tidur Rumah Sakit Jantung Diagram akan terus dikembangkan lagi.

Berbagai macam fasilitas dan pelayanan dihadirkan di rumah sakit ini, antara lain IGD, laboratorium, radiologi, farmasi 24 jam, serta peralatan dan penunjang medis seperti ruang kateterisasi, CT Scan 128 Slices, echocardiography, ultrasonografi, dan hemodialisa yang juga akan segera tersedia.

Salah satu tindakan yang menjadi unggulan di Rumah Sakit Jantung Diagram adalah Primary Percutaneous Coronary Intervention (PPCI), yaitu tindakan membuka sumbatan pada pembuluh darah koroner.

Penyakit jantung koroner merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia, sehingga penanganan darurat pada pasien terutama 12 jam setelah terjadi serangan, merupakan keharusan untuk mencegah kematian. PPCI merupakan tindakan minimal invasif yang harus dilakukan segera dalam waktu kurang dari 12 jam sejak terjadinya serangan jantung. Tindakan ini dilakukan di ruang kateterisasi oleh dokter jantung konsultan intervensi dan tim medis lainnya.

“PPCI memakan waktu satu hingga dua jam, tergantung dari berapa banyak sumbatan yang ditemukan. Segera setelah ditemukan adanya sumbatan pada pembuluh darah koroner, dokter akan memasang stent atau ring dan setelahnya pasien akan dirawat di ruang Intensive Cardiac Care Unit (ICCU) untuk pemantauan lebih lanjut. Jika tidak ada komplikasi, biasanya pasien bisa pulang dalam waktu empat hingga lima hari,” ujar CEO Rumah Sakit Jantung Diagram Prof. Dr. dr. Harry Suryapranata, M.D., Sp.JP, Ph.D.

Rumah Sakit Jantung Diagram juga merupakan salah satu rumah sakit di area Depok yang melayani pasien Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan sejak tahun 2017. “Bagi para pasien BPJS yang ingin berobat ke Rumah Sakit Jantung Diagram, silakan melengkapi semua persyaratan sesuai ketentuan yang berlaku. Hal ini diperlukan agar proses penanganan pasien bisa dilakukan dengan cepat,” tambah Prof. Harry.

Selain memberikan pelayanan medis, Rumah Sakit Jantung Diagram juga akan tersambung dengan pusat retail yang akan siap operasional medio Oktober 2019 tersebut akan menghadirkan beberapa tenant food & beverage, bank, dan minimarket. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.