BESTTANGSEL.COM, PAMULANG- Dosen Universitas Pamulang (UNPAM) bersama rektorat Universitas Pamulang Kembali penyelenggaraan kegiatan PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat). Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini dilaksanakan pada 28-30 Mei 2021 bertempat di aula Bupati Sukabumi. Adapun tema pengabdian kepada masyarakat dengan judul “Membangun Orang orang yang positif di dalam organisasi pada team manajemen Geopark Ciletuh Sukabumi”.

Geopark Ciletuh yang terletak di delapan Desa Kecamatan Ciemas dan Ujung Genteng Kab. Sukabumi memiliki keindahan alama yang luar biasa. Geopark Ciletuh memiliki luas sekitar 128.000 hektare dan mencakup 74 desa di delapan kecamatan, yakni Kecamatan Cisolok, Kecamatan Cikakak, Kota Pelabuhan Ratu, Kecamatan Simpenan, Kecamatan Waluran, Kecamatan Ciemas, Kecamatan Ciracap, dan Kecamatan Surade. Awalnya, Geopark Ciletuh hanya mencakup tiga kecamatan. Geopark Ciletuh memiliki bentuk menyerupai tapal kuda (amphitheater) dengan diameter sekitar 15 kilometer yang menghadap ke Teluk Ciletuh.

Dengan area yang begitu luas, Teluk Ciletuh berada dalam naungan UNESCO. Jumlah obyek wisata di Geopark Ciletuh pun sangat banyak, mencapai 70 obyek wisata. Saat ini banyak sekali destinasi wisata yang di minati oleh masyarakat salah satunya adalah Geopark CIletuh. Ciletuh Geopark Sukabumi adalah tempat Destinasi wisata yang beralamatkan di desa Ciwaru kecamatan ciemas Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat negara Indonesia.

Geopark Ciletuh dikelola oleh managemen yang handal. Namun, persoalan team manajemen yang dihadapi pada saat ini adalah kurangnya motivasi untuk membangun team yang solid, sehingga antar staf tidak terjalin komunikasi yang baik. Banyak program kerja yang dibuat tanpa adanya koordinasi antara pimpinan dan bawahan. Sehingga banyak kesalah fahaman, yang mengakibatkan kedatangan turis tidak bertambah dan bahkan cenderung berkurang. Yang memprihatikan sarana dan prasarana tidak ada perubahan untuk diperbaiki. Hal tersebut disebabkan kurangnya motivasi, sehingga teamwork yang dibangunpun kurang solid dalam menjalankan program di dalam manaejemen.

“Beranjak dari hal tersebut, maka Tim Dosen UNPAM berinisiatif untuk memberikan penyuluhan agar bisa Membangun Orang- orang yang Positif di dalam Organisasi di dalam Team Manajemen Geopark Ciletuh Sukabumi,” tutur Nurachmah selaku Ketua PKM. Jumat (06/08).

“Kegiatan PKM ini dihadiri sebanyak 25 team Manajemen Geopark Ciletuh Sukabumi, para dosen dan Mahasiswa Universitas Pamulang. Kegiatan dilaksanakan melalui diskusi tanya jawab, dengan cara para narasumber memberikan penyuluhan dan diikuti oleh para peserta yang kumpul di Aula bupati Sukabumi. Hasil kegiatan PkM (Pengabdian kepada Masyarakat) di Geopark Ciletuh Sukabumi Alhamdulillah berjalan dengan lancar,” ujarnya.

“Meski pada masa PSBB namun dengan tetap melaksanakan protokol sesuai anjuran pemerintah setempat dan peserta terlihat antusias mengikuti sosialisasi walau keterbatasan dimasa pandemi ini,” ucap Lisa Novia, selaku Master Ceremony (MC) pada kegiatan tersebut. (Red/*)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.