BESTTANGSEL.COM, PAMULANG – Pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus dilakukan.

Asisten Daerah Bidang Tata Pemerintahan (Asda 1) Kota Tangsel Chaeruddin dalam kesempatan kunjungan kerja vaksinasi massal dalam pola jemput bola pada Kamis (12/08/2021) di area Yayasan Mabrur Bambu Apus, Kecamatan Pamulang, Kota Tangsel mengatakan, partisipasi masyarakat di Rukun Warga 01 (RW.01) Kelurahan Bambu Apus terlihat sangat baik. Karenanya, menurut Asda 1, pemerintah kota Tangsel mengapresiasi upaya Camat Pamulang Mukroni, Lurah Bambu Apus Subur, Ketua RW.01 Kusman dan jajaran pengurus Rukun Tetangga (RT), tokoh masyarakat ustadz Firdaus Haqqi yang secara gotong royong dalam mendukung program pemerintah kota (Pemkot) Tangsel untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya di wilayah RW.01 Kelurahan Bambu Apus, Pamulang.

“Dari target vaksinasi kepada 500 orang pada hari ini, Alhamdulillah sudah terlaksana vaksinasi kepada 250 orang,” ungkap Asda 1 Chaeruddin.

Asda 1 berharap, dengan kondisi saat ini di mana Kota Tangsel dalam zona orange maka akan semakin baik menjadi zona hijau dan Kota Tangsel bebas dari pandemi Covid-19

Diketahui, jumlah penduduk Kecamatan Pamulang merupakan wilayah terpadat penduduknya di Kota Tangsel, maka optimalisasi partisipasi masyarakat dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 menjadi bagian barometer keberhasilan yang signifikan.

Dalam pantauan Asda 1, pelaksanaan vaksinasi pola jemput bola di setiap kecamatan berjalan dengan baik dengan partisipasi masyarakat yang cukup tinggi. “Alhamdulillah, pak Camat dan pak Lurah dan jajaran telah menyusun target yang jumlahnya variatif dan strategi dalam kegiatan vaksinasi Covid-19 hingga berjalan dengan baik di Tujuh Kecamatan se Kota Tangsel,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Camat Kecamatan Pamulang Mukroni mengungkapkan, sejalan dengan arahan pimpinan, pemerintah kecamatan sedang mengedukasi masyarakat akan pentingnya dilakukan vaksinasi Covid-19 demi kesehatan bersama.

“Disamping kita membuka gerai vaksinasi, kami juga langsung turun ke lapangan untuk jemput bola bekerjasama dengan pengurus RW, RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan unsur unsur lainnya. Alhamdulillah, partisipasi masyarakat sangat baik. Bahkan, karena tempat pelaksanaanya dekat rumah, ibu ibu sambil memasak bisa ikut kegiatan vaksinasi,” ungkap Mukroni.

Camat Pamulang menambahkan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayahnya bisa mencapai target di atas 50 persen yang saat ini sudah vasin 39 persen dari 307.000 jiwa penduduk Kecamatan Pamulang pada 17 Agustus 2021, syukur bisa hingga 76 persen di HUT RI ke-76.

“Hal itu juga tergantung ketersediaan stok vaksin dari Kemenkes,” ungkap Mukroni.

Camat Pamulang melihat fakta bahwa kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksinasi Covid-19 sudah cukup baik dan akan terus ditingkatkan capaian targetnya.

Ketua RW.01 Kusman sebagai pengerak utama kegiatan vaksinasi massal di wilayahnya menjelaskan, kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya kerja sama pihaknya dengan pengurus RT, tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk untuk mendorong kesadaran masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi Covid-19.

“Para pengurus RT, pak RT, Bu RT datang ke wargasecara door to door untuk menyosialisasikan pentingnya ikut vaksin Covid-19. Alhamdulillah, hasilnya terlihat sangat baik untuk mendaftar di Yayasan Mabrur,” ungkapnya.

Menurut Ketua RW.01, hingga akhir Agustus 2021 di wilayah RW. 01 sudah bebas Covid-19 yang saat ini sudah terlaksana vaksinasi hingga 80 persen. (Red/*)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.