BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Sinarmas World Academy (SWA) merupakan sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama yang berlokasi di BSD City, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Semenjak berdiri sepuluh tahun yang lalu, SWA terus berkomitmen dan berkontribusi dalam memajukan sistem pendidikan di Indonesia. SWA adalah sekolah yang menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Cambridge yang berfokus pada keunggulan dalam hal inovasi, serta juga bekerja sama dengan DlKNAS.

SWA juga menawarkan program bahasa dan budaya Mandarin yang kuat dengan bekerja sama dengan Peking University, sebuah universitas ternama di Tiongkok. Bahasa pengantar yang digunakan di SWA adalah Bahasa Inggris, namun juga menitikberatkan pada bahasa Indonesia dan Mandarin.

“Salah satu tujuan SWA adalah untuk mencapai keunggulan di bidang akademik, sekolah menggunakan kurikulum pembelajaran Early Years Foundation Stage di tingkat TK dan Primary Cambridge di tingkat SD untuk mengembangkan minat siswa dalam belajar dan membekali setiap siswa dengan pengetahuan, keterampilan dan keahlian khusus,” terang Corporate Communication SWA Sofia Tanuwaty kepada sejumlah wartawan, Kamis (02/11/2017) di sekolah SWA dikawasan BSD City Serpong Kota Tangsel.

Ditambahkannya untuk jenjang pendidikan SMP dan SMA, SWA mengikuti kurikulum IB Middle Years Programme (MYP), International General Certificate of Secondary Education (lGCSE) dan IB Diploma Programme (DP).

Pendidikannya juga diberikan secara menyeluruh, dengan menekankan pertumbuhan intelektual, pribadi, emosional dan sosial, yang melibatkan pembelajaran dalam bahasa, ilmu sosial, sains, matematika dan seni.

“Kami mengajarkan siswa bagaimana menggunakan teknologi yang baik dan bertanggung jawab. Siswa SWA mengembangkan keterampilan penelitian yang baik, dengan mencari sumber informasi yang bermanfaat dan menggunakan informasi yang dikumpulkan secara efektif,” terang Sofia.

Sofia menuturkan dengan menggunakan berbagai aktivitas dan pembelajaran berbasis penyelesaian masalah, siswa belajar berpikir dan menggunakan kreativitas mereka untuk mencari solusi terhadap berbagai masalah.

SWA juga menerapkan program Robotik di mana siswa belajar membuat program, mengendalikan, dan merancang pengujian robot otonom.

Sementara itu Board Chairman SWA Anton Mailoa menjelaskan bahwa sesuai dengan visi sekolah untuk menciptakan masa depan komunitas pembelajar yang dinamis dan terlibat secara global, SWA menyediakan fasilitas sekolah berstandar internasional yang didesain khusus supaya kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif.

“Fasilitas yang tersedia terdiri dari ruang kelas yang cukup besar sesuai dengan kapasitas murid per kelas, gedung olahraga, taman bermain, studio seni, laboratorium sains, auditorium, perpustakaan dan pusat teknologi,” ucap Anton kepada wartawan.

Ia menambahkan di SWA sendiri berbagai kegiatan ekstra kurikuler ditawarkan oleh SWA supaya siswa-siswi di SWA bisa mengembangkan bakat.

“Kegiatan yang dapat diikuti seperti olahraga, seni dan akademik yang meliputi coding, robotik, wushu, balet, renang, bola basket, sepak bola, Habitat for Humanity, Riveria English for All. Selain itu, mereka juga mengikuti berbagai perlombaan antar sekolah, kegiatan seni dan kebudayaan, serta terlibat dalam kegiatan 18 Creativity, Activity, Service atau SAS,” ujarnya.

Setiap tahun, menurut Anton siswa dari kelas 6 hingga 12 terlibat dalam kegiatan CAS atau bakti sosial dan juga mengikuti studi di luar kelas selama seminggu di luar Jakarta. Ratusan prestasi diraih oleh siswa-siswi SWA dengan mengikuti berbagai perlombaan nasional dan internasional, termasuk perlombaan matematika, sains, olahraga, paduan suara, seni.

“Baru-baru ini SWA juga mengadakan acara tahunan SWA CUP yang merupakan kompetisi antar sekolah yang bertajuk ‘The Celestial 2017′, dengan upacara penutupan acara dua hari yang diadakan pada hari Sabtu, 21 Oktober 2017. Acara tahunan ini diikuti oleh siswa-siswi tingkat SD, SMP, dan SMA, lebih dari 20 sekolah di wilayah Jabodetabek.

Setelah menyelesaikan studi di SWA, siswa-siswi melanjutkan studi ke universitas di seluruh dunia. Termasuk perguruan tinggi ternama, diantaranya: University of California Berkeley, University College London, Rhode Island School of Design, University of Hong Kong. University of British Columbia, University of Washington, University of Wisconsin Madison. University of California Davis, University of Manchester. Lancaster University, dan masih banyak lagi.
Sepanjang tahun ajaran, SWA juga memberikan kemudahan kepada siswa dan orangtua supaya dapat berkonsultasi langsung dengan representatif universitas dengan mengadakan pameran dan presentasi mengenai pendidikan perguruan tinggi di SWA.

Presiden RI Ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau yang akrab disapa SBY hadir dalam rangkaian Kegiatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-10 Sinarmas World Academy (SWA), yang digelar di Sekolah SWA, Cilenggang, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Jum’at (03/112017).

SBY menyaksikan penampilan cucu perempuannya Almira Tunggadewi yang merupakan putri dari Agus Hari Murti Yudhoyono yang bersekolah disana.

SBY hadir lengkap bersama Istrinya Ani Yudhoyono dan kedua putranya Agus Hari Murti Yudhoyono beserta istri juga Edhi Baskoro Yudhoyono yang ditemani istrinya pula.

Sebelum menyaksikan penampilan cucunya SBY berkesempatan melihat-lihat sekolah SWA yang berdiri sejak 10 tahun yang lalu.
Disela-sela penampilan siswa-siswi SWA Board Chairman SWA Anton Mailoa menjelaskan SWA merupakan sekolah Satuan Pendidikan Kerjasama yang berlokasi di BSD City, Serpong, Kota Tangsel.

“Sejak berdiri sepuluh tahun yang lalu, SWA terus berkomitmen dan berkontribusi dalam memajukan sistem pendidikan di Indonesia,” papar Anton.

Menurutnya SWA adalah sekolah yang menggunakan kurikulum International Baccalaureate (IB) dan Cambridge yang berfokus pada keunggulan dalam hal inovasi, serta juga berkolaborasi dengan Pendidikan Nasional.

“SWA juga menawarkan program bahasa dan budaya Mandarin yang kuat dengan bekerja sama dengan Peking University, sebuah universitas ternama di Tiongkok. Bahasa pengantar yang digunakan di SWA adalah Bahasa Inggris, namun juga menitikberatkan pada bahasa Indonesia dan Mandarin,” ucapnya.

Sekira pukul 19.00 WIB penampilan yang menyertakan ratusan siswa-siswi sekolah dalam memperingati HUT ke 10 SWA telah selesai.
SBY bersama istri dan kedua putranya meninggalkaan Sekolah SWA.‎

Selain SBY hadir pula Menteri Kesehatan Nilla F Moeloek dimana cucunya Erik Moeloek saat ini menjabat sebagai Wakil OSIS di Sekolah tersebut.

 

BR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.