BESTTANGSEL.COM, Tangerang –  Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan (KBMK) resmi dibuka oleh Rektorat Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan juga pihak Prestasi Nasional. Terdapat lima cabang lomba KBMK 2024, dan KBMK berjalan selama lima hari dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia. Dibuka langsung oleh oleh Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., selaku Kepala Pusat Prestasi Nasional, KBMK 2024 juga dihadiri oleh Rektorat UMN Dr. Ninok Leksono, M.A, beserta jajarannya.

KBMK 2024  bertema “Eksplorasi Peluang Produksi dan Konsumsi Bertanggung Jawab serta Penerapan Ekonomi Sirkular Pada Era Industri 4.0 dan Society 5.0 Untuk Percepatan Transformasi Ekonomi Nasional yang Inklusif dan Berkelanjutan Dalam Kerangka Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan”.

Terdapat lima cabang dalam lomba KBMK tahun 2024 Kompetisi Bidang Penulisan Karya Tulis Ilmiah, Kompetisi Bidang Komersialisasi Riset dan Teknologi Tepat Guna, Kompetisi Bidang Riset Investasi, dan Kompetisi Bidang Perencanaan Bisnis.

“Saya sangat berterima kasih kepada UMN sudah mau menjadi tuan rumah dan berkontribusi dalam kegiatan KBMK 2024 ini, saya harap dengan kegiatan ini kita bisa terus mengembangkan prestasi dan talenta untuk generasi saat ini. Perlu ada pemahaman bahwa KBMK ini tidak hanya lomba saja, tetapi juga menyerap ilmu yang ada, membangun jejaring, sehingga ada banyak pembelajaran yang bisa diperoleh, dan ini adalah suatu hal yang berharga”, ucap Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si., selaku Kepala Pusat Prestasi Nasional.

Menurut Maria juga KBMK ini sangat relevan dan tidak hanya melihat ilmu secara ilmiah saja tetapi berputar. Ia berpesan kepada mahasiswa juga untuk memahami isu yang ada saat ini terkait keuangan, perilaku ekonomi, dan bisnis. Karena financial merupakan sikap dari masing-masing individu atau disebut “financial attitude”.

“Saya senang kegiatan KBMK tahun ini bisa diselenggarakan di kampus UMN. Semoga perlombaan KBMK ini dapat berjalan dengan lancar, walaupun banyak tantangan tetapi banyak juga harapan yang ditumbuhkan. Terciptanya SDM unggul, sehingga bisa menjadi harapan untuk Indonesia”, ungkap Ninok dalam pembukaan kegiatan.

Selain itu juga ada Talkshow yang diberikan kepada mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini. Talkshow pertama dibawakan oleh Ancha Apriansyah selaku Corporate Senior Marketing Communication Manager at JHL Collection. Sesi ini Ancha membahas mengenai bagaimana bisnis pada bidang perhotelan berjalan.

“Melihat bisnis perhotelan memang banyak yang harus diperhatikan mulai dari service yang diberikan kepada tamu. Hal penting lainnya adalah pembeda dengan hotel lainnya, kami sendiri yang membedakan adalah berbentuk residence dan memberikan fasilitas yang lebih lengkap.

Talkshow kedua dibawakan oleh Gito Sabata selaku Chief Marketing Officer dari .Temu, pada talkshow kedua berfokus pada bisnis bidang F&B dan perjalanan Gito membuat .Temu.

“Saya memang memilih konsep .Temu dengan konsep yang baik, baik dari ambience, setup tempat. Sehingga konsep coffee shop .Temu berbeda-beda di setiap tempatnya, ada yang outdoor, komunal, semi-indoor dan lain-lainnya”, ucap Gito

Gito juga memberikan pendapat pribadinya, “Bisnis tidak bisa melihat dari satu sisi, misal fokus ke pemasukan saja, atau secara marketing saja. Tetapi bisnis harus melihat dari banyak sisi dan juga setara, sehingga saling melengkapi”.

Persiapan KBMK ini sudah disiapkan mulai dari akhir tahun 2023, bersama dengan Tim Kerja Sama Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI), dan juga tim Internal Student Affairs dan juga mahasiswa UMN.

“Merupakan sebuah kebanggan bagi kami, tim panitia dapat dipercaya menjadi penyelenggara salah satu ajang talenta Kemendikbud Ristek, melalui BPTI, sehingga nama UMN bisa dikenal oleh perguruan tinggi di UMN. Pelaksanaan KBMK ini juga menjadi salah satu milestone kedepannya dari kemahasiswaan UMN dan bisa menjadi inspirasi mahasiswa UMN untuk dapat turut serta dalam berbagai kompetisi bisnis”, tutur Seto. (red/*)

Leave a Reply