Besttangsel.com, Jakarta – Walau tidak mengancam nyawa, sariawan bisa sangat mengganggu dan menyakitkan. Belum lagi, posisinya yang berada di mulut bisa merusak nafsu makan dan mempengaruhi kesehatan, terutama pada anak-anak. Untungnya, ada cara mudah menghilangkan sariawan.

Menurut penelitian terbaru dalam jurnal Quintessence International, madu memiliki efek yang sama aman dan efektifnya dengan salep kortikosteroid yang biasa digunakan untuk sariawan.

Dalam studi dari Arab Saudi ini, para peneliti membagi 94 subjek dengan 180 sariawan secara acak menjadi tiga grup. Satu grup diberikan madu untuk pengobatan, dan dua grup lainnya diberi salep kortikosteroid atau pasta pelindung.

Semua partisipan diminta untuk mengusapkan kapas basah pada lepuhan mereka, kemudian mengoleskan obat yang diberikan, setiap selesai makan selama delapan hari, atau menghentikan penggunaannya saat sariawan benar-benar sembuh.

Mereka juga diminta untuk mencatat tingkat rasa sakit dan reaksi lainnya. Di saat bersamaan, para peneliti juga mengevaluasi ukuran dan inflamasi sariawan mereka.

Hasilnya: para penderita sariawan yang mengobatinya dengan madu memiliki hari perih yang lebih sedikit (hanya satu hari, alih-alih 3-5 hari), dan pengurangan ukuran dan inflamasi yang lebih cepat dibanding dua obat lainnya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, madu memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik, yang adalah alasan kenapa para peneliti mencoba menggunakannya untuk menyembuhkan sariawan.

 

BS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.