BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk pengelola ritel modern Alfamart kembali menggelar pelatihan Daur Ulang sampah plastik tahap 4 bertempat di Aula Kantor Kelurahan Kademangan Setu, Serpong Tangerang Selatan. Kegiatan yang diikuti oleh kaum ibu di dua kecamatan tersebut, dihadiri oleh Sekjen Silaturahmi Bank Sampah (SIBAS) Tangsel, Fatmasari, Korcam Bank Sampah Serpong Utara, Imelda Hendrawan, Perwakilan Alfamart dan Tangsel Pos selaku kordinator acara.

“Untuk kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) ini, Alfamart bekerjasama dengan Forum Kota Sehat dan Bank Sampah dan yang ada di 7 Kecamatan Tangsel. Alfamart sangat konsern pada masalah lingkungan hidup, karena alfamart adalah toko komunitas, yang tidak hanya mementingkan bisnis semata tetapi juga bisa memberikan manfaat bagi masyarakat melalui pemberdayaan sampah sehingga bisa bernilai ekonomis, selain baik bagi pelestarian lingkungan hidup,” tutur Retriantina, Corporate Communications Alfamart cabang Parung.

Tidak hanya mensuport kaum ibu dalam keterampilan pemanfaatan sampah plastik, Alfamart juga ikut membantu dalam memasarkan hasil keterampilan tersebut.

“Kami memiliki Alfamind, yaitu toko virtual office melalui aplikasi handphone. Alfamind tidak saja menawarkan belanja ritel online, tetapi juga dapat dijadikan media bagi masyarakat yang ingin memasarkan barang termasuk produk hasil keterampilan ibu-ibu ini,” ujar Retriantina.

Imelda Hendrawan, Kordinator Kecamatan(Korcam) Bank Sampah Pusani Serpong Utara, menyatakan kegembiraannya dengan adanya kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini, selain bermanfaat bagi lingkungan hidup, tetapi juga sangat baik bagi kesehatan kaum ibu, khususnya lansia. Kenapa sehat? Karena kaum ibu menjadi aktif dan memiliki kegiatan, terutama dalam menggerakan jari-jarinya. Contohnya adalah ibu saya yang sangat antusias mengikuti kegiatan ini, bahkan beliau juga mengajak teman-temannya,” ungkap Imelda.

Pernyataan serupa juga dikatakan oleh Fatmasari, Sekjen Sibas tangsel. Fatma juga memberikan apresiasinya kepada penyelenggara kegiatan khususnya Alfamart.

“Kegiatan ini sangat positif karena bisa menambah pendapatan masyarakat, khususnya kaum ibu. Sebab, saya sendiri merasakan manfaatnya, ada saja teman atau tetangga yang tertarik untuk memiliki produk keterampilan dari sampah plastik yang bagus seperti tas dari bungkus permen, vas bunga dari Koran bekas dan lain sebagainya. Sibas tangsel sendiri memiliki jadwal rutin pelatihan seperti ini setiap hari Rabu di Bambu Apus Pamulang. Dan saat ini Tangsel sudah memiliki 200 lebih Bank Sampah, dari 500 Bank sampah yang ditargetkan oleh Walikota,” pungkas Fatma.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.