Besttangsel.com, Jakarta – Seseorang terlihat kian menarik karena tatanan rambutnya yang indah. Tak heran, rambut yang lebat, tebal dan sehat menjadi dambaan setiap orang. Kondisi rambut yang sehat memudahkan orang untuk mengubah gaya rambut hingga mewarnainya sesuka hati. Namun bagaimana halnya jika semakin lama rambut di kepala semakin menipis, dan tak tumbuh lagi alias botak?

Tentu saja hal ini menimbulkan kekhawatiran. Kebotakan rambut adalah hal yang sangat ditakuti, baik oleh pria atau wanita. Dilansir dari powerofpositivity, Rabu 20 September 2017, ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kebotakan rambut berikut ini.

Ganti Hormon
Beberapa penyebab kerontokan rambut, terutama untuk wanita yang mengalami masa menopause, adalah karena adanya ketidakseimbangan hormon. Hormon estrogen yang tidak seimbang akan menyebabkan kerontokan rambut. Jika dibiarkan terus-menerus kemungkinan kebotakan bisa saja terjadi. Wanita menopause yang mengalami kerontokan rambut, bisa menerapkan terapi penggantian hormon untuk mengurangi jumlah rambut yang rontok. Meskipun terapi penggantian hormon ini kadang menimbulkan efek samping, ini bisa jadi solusi untuk mengatasi kebotakan rambut. Ada baiknya konsultasi ke dokter lebih dahulu untuk cara yang lebih aman

Transplantasi Rambut
Kepencayaan diri seseorang mungkin akan berkurang ketika mengalami kebotakan. Kebotakan rambut pada kepala bagian depan akan sangat terlihat, terutama ketika bagian lainnya dari kepala masih memiliki helai rambut yang lebat. Kebotakan rambut di bagian depan kepala ini bisa diatasi dengan melakukan transplantasi rambut. Ini merupakan upaya untuk menanam dan menumbuhkan kembali rambut di kepala. Meskipun harus melewati beberapa tahapan dan memerlukan biaya yang mahal, cara ini bisa dilakukan untuk membuat kepala dihiasi kembali oleh rambut yang tebal.

Menggunakan Obat Aldactone

Sebelum menggunakan obat ini, ada baiknya berkonsultasi ke dokter. Aldactone adalah obat yang digunakan untuk mengurangi cairan dalam tubuh dan menjadi solusi untuk permasalahan diuretik tanpa mengurangi kadar potassium dalam tubuh. Efeknya obat ini dapat menghentikan hormon yang menyerang folikel rambut.

Mengobati dengan Rogaine
Kebotakan baik pada pria atau wanita bisa diatasi dengan perawatan menggunakan Rogaine. Meskipun Anda perlu waktu yang cukup lama untuk memulihkan kondisi kepala dari kebotakan melalui perawatan dengan rogaine ini, tetapi hasilnya cukup menjanjikan. Sayangnya Rogaine belum terlalu efektif untuk mengatasi kebotakan yang menyeluruh terutama untuk kasus rambut yang rontok parah, tetapi cukup ampuh untuk mengatasi rambut yang mulai menipis.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebotakan rambut. Memperhatikan nutrisi bergizi yang masuk ke dalam tubuh dan menerapkan pola hidup sehat juga menjadi solusi untuk menghindari kepala dari masalah kebotakan. Stres menjadi hal utama yang harus dihindari agar tak terjadi kebotakan rambut.

 

Liputan6.com/LL

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.