BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada tahun 2018 menerima 114 CPNS yang lulus.

Untuk meningkatkan sumber daya manusia, maka Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Tangsel menggelar Pembukaan Pelatihan Dasar di Ruang Blandongan Balai Kota Tangsel, Ciputat pada Senin, 24 Juni 2019.

“Hingga saat ini pemberkasan CPNS masih 80 persen. Selanjutnya pelatihan dasar ini dilaksanakan di Badan Diklat Kementerian Perhubungan di Parung,” kata Kepala BKPP Tangsel Apendi.

Peserta saat ini sebanyak 40 orang yang mengikuti latihan dasar. Ini merupakan angkatan kedua, sebelumnya telah ada angkatan pertama yang lebih dulu melakukn latihan dasar.

“Latihan dasar ini lebih menjelaskan mengenai ilmu pemerintahan. Bagaimana pegawai PNS harus betul-betul berkualitas. Kedepan harus lebih baik lagi karena menjadi penerus Tangsel,” bebernya.

Menurutnya, pegawai PNS harus disiplin, tepat waktu dan memiliki kinerja yang baik. Karen mereka yang lulus adalah yang unggul diantara lainnya.

Sementara Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie mengatakan latihan dasar CPNS ini merupakan pelatihan dasar yang dirancang bagi ASN pemerintahan untuk pembentukan wawasan kebangsaan, nilai – nilai bela negara, analisis isu kontemporer, akuntabilitas, kepribadian anti korupsi dan etika pegawai negeri sipil serta kesiapsiagaan bela negara status CPNS yang disandang belum menjadi penentu seseorang menjadi PNS

“Bahkan CPNS yang sudah mengikuti latsar CPNS pun tidak otomatis menjadi pegawai negeri. Sebab, di dalam UU ASN, disebutkan, CPNS bisa dibatalkan kelulusannya bila tidak lulus latihan dasar CPNS,” jelasnya.

PNS sebagai unsur utama sumber daya manusia ASN memiliki peranan penting dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Dengan demikian, pembaharuan latsar CPNS diharapkan mampu memberikan perubahan terhadap sikap dan perilaku ASN yang profesional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik, serta mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa. (Humas-Kominfo)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.