BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan,  QBig, BSD Tangerang menggelar Festival Kuliner bertema NoesaRasa. Festival berkonsep Nusantara yang digelar pada 9-10 November 2019 ini, bertujuan untuk melestarikan makanan tradisional Indonesia.

“Selain memperkenalkan budaya Indonesia, Festival bertujuan untuk mendukung pelestarian dan mendorong para penjaja kuliner agar terus meningkatkan eksistensi makanan khas Indonesia,” ujar Inneke Bunyamin selaku ketua Festival NoesaRasa.

Berbeda dengan festival kuliner lain, Festival NoesaRasa memiliki keunikan tersendiri, yakni dengan membagi stand makanan menjadi zona dengan nama-nama medan perang, seperti Tragedi Yamato, Ultimatum, Barak Perlindungan, dan Proklamasi.

“Penamaan zona ini bermakna sebagai penggambaran moment perjuangan para pahlawan Indonesia dalam meraih kemerdekaan dan kebebasan bagi negara Indonesia,” imbuh Inneke.

Tidak hanya kuliner, Festival NoesaRasa juga dilengkapi dengan suguhan live performance oleh grup musik internal dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN), serta dilaksanakan berbagai kompetisi. Kompetisi yang dilaksanakan yaitu “Makan Banyak” bagi pahlawan (partisipan) perut karet dan kompetisi “Makan Pedas” bagi pahlawan lidah naga yang berinteraksi langsung dengan para pengunjung.

“Festival NoesaRasa mungkin terdengar biasa saja, tetapi festival kuliner ini memiliki keunikan dengan menitikberatkan pada makanan khas Indonesia saja. Saya mewakili segenap panitia Festival NoesaRasa berharap dengan adanya festival ini dapat mengobati rasa rindu masyarakat terhadap makanan khas daerah dan dapat mencoba makanan daerah yang belum khalayak coba,” papar Inneke.

“Indonesia terkenal akan budaya beragam yang disertai dengan cita rasa berbeda pada setiap makanan diberbagai daerah. Atas keragaman budaya Indonesia, Festival NoesaRasa mengangkat tagline “Berlimpah Rasa, Satu Nusantara”, yang menggambarkan meskipun beragam dan berbeda namun kita tetap menjadi satu-kesatuan, satu perjuangan, dan satu Nusantara. Selain itu, Festival NoesaRasa juga mengharapkan agar khalayak dapat berpartisipasi meningkatkan rasa nasionalisme melalui rangkaian kegiatan yang diadakan oleh Festival NoesaRasa.” tutup Inneke. (*)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.