Head Sustainability & Internal Communication XL Axiata, Andy Satrio Yuddho (kedua kanan) berbincang dengan Direktur Sarana Transportasi Jalan, Direktorat Jendral Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah, ATD, MSc (kedua kiri) disaksikan oleh perwakilan pelajar pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan disela-sela acara sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar yang digelar mulai tanggal 7-11 Oktober 2019 di Jakarta. Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat.

BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) dan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia melanjutkan kerjasama sosialisasi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di kalangan pelajar. Dengan kerjasama ini, kedua pihak mendorong para pelajar sebagai pelopor keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di lingkungan sekolah, dan di tengah masyarakat melalui suatu pelatihan dan pendidikan Pelajar Pelopor Keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan yang digelar pada 7 – 11 Oktober 2019 di Jakarta. Direktur Sarana Transportasi Jalan, Direktorat Jendral Perhubungan Darat,Kementerian Perhubungan, Sigit Irfansyah, ATD, MSc membuka program pelatihan yang di dalamnya antara lain memanfaatkan sarana digital berupa materi bahan belajar yang dibangun oleh XL Axiata.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih, mengatakan, “Sesuai kerjasama kedua pihak yang telah terjalin dengan sangat baik hingga saat ini, XL Axiata berkomitmen mendukung program sosialisasikan keselamatan berkendara secara berkesinambungan yang dicanangkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Kami sangat antusias bisa turut ambil bagian dalam menyelenggarakan pelatihan dengan sasaran peserta para pelajar ini, karena dengan prilaku pemanfaatan lalu lintas dan angkutan jalan yang baik memang seharusnya sudah ditanamkan kepadaanak-anak sejak belia. Edukasi pemanfaatan sarana digital merupakan cara tepat guna untuk menyebarkan pesan-pesan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, dan ini sangat relevan mengingat karakter anak-anak muda saat ini yang tak bisa terlepas dari sarana digital.”

Tri Wahyuningsih menambahkan, kegiatan ini merupakan implementasi dari kerjasama kedua instansi yang sudah berjalan, yang meliputi pelaksanaan sosialisasi dan edukasi dengan memanfaatkan teknologi digital. Karena itulah, XL Axiata melalui program Sisternet akan memberikan materi pelatihan kelas literasi digital bagi para pelajar. Materi yang akan disampaikan berupa antara lain cara-cara memanfaatkan media digital khususnya sosial media dalam mensosialisasikan kesadaran berkendara. Materi yang diangkat dalam pelatihan ini mengusung tema “The Power of Social Media”. Para pelajar akan dilatih antara lain tentang bagaimana memilih sosial media yang paling mempresentasikan dirinya, rumus dasar konten sosial media, gaya penulisan, penggunaan hashtag, membuat koten yang menarik, juga bagaimana menciptakan citra sebagai Duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan di sosial media.

Dalam tahun ini tema yang diambil “Leadership for Road Safety“. Proses seleksi peserta dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan nasional, yang diikuti oleh perwakilan sekolah menengah umum. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada sebanyak 73 orang yang merupakan perwakilan dari 25 provinsi. Para pelajar ini merupakan pelajar berprestasi yang telah diseleksi dan dibimbing langsung oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang kelak akan didaulat sebagai “Duta Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan” di Propinsi masing-masing.

Kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat Nasional Tahun 2019 adalah program Direktorat Jenderal Perhubungan Darat sebagai proses penanaman budaya tertib berlalu lintas dalam upaya meningkatkan keselamatan transportasi jalan. Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan spesifik, yaitu guna meningkatkan kesadaran pelajar dalam mematuhi peraturan lalulintas dan mengurangi resiko akibat kesalahan berperilaku tidak tertib di jalan.

Selain itu juga untuk memberikan reward atas prestasi tertib berlalu lintas dan kepedulian yang tinggi terhadap upaya menjaga keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan, serta membangun kesadaran generasi muda untuk berperilaku tertib berlalulintas. Selanjutnya, juga untuk membangun budaya tertib berlalu lintas dan memanfaatkan angkutan jalan sejak dini atas dasar kesadaran pribadi dan tanggung jawab moral untuk meningkatkan keselamatan, menyebarluaskan informasi ke kalangan generasi muda melalui lingkungan sekitarnya, juga menyelamatkan generasi muda sebagai asset bangsa.

Kerjasama kemitraan antara Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dengan XL Axiata akan mencakup penyediaan sarana layanan digital dalam Aksi Keselamatan Transportasi Darat. Dukungan ini akan meliputi penyediaan layanan digital melalui website www.sisternet.co.id/modulpintar, di mana di dalamnya akan ada modul e-Learn terkait informasi keselamatan berkendara. Selain itu materi sosialisasi dan edukasi keselamatan berkendara dan berlalu-lintas juga akan dituangkan dalam bentuk artikel, kompetisi, juga kuis, baik di website maupun media sosial Sisternet. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.