BESTTANGSEL.COM, JAKARTA- Kampus Mengajar (KM) adalah sebuah program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa selama 1 (satu) semester untuk membantu para guru, dan kepala sekolah jenjang SD dan SMP dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang terdampak pandemi. Melalui program ini, mahasiswa bisa membaktikan ilmu, keterampilan, serta menginspirasi para murid sekolah dasar dan menengah tersebut untuk memperluas cita-cita dan wawasan mereka.

“Kampus Mengajar juga bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan. Program Kampus Mengajar ini mengajak para mahasiswa untuk berkolaborasi, beraksi, dan berbakti untuk negeri, di sekolah yang ditugaskan baik jenjang SD maupun SMP,” tutur Lisa Novia, Dosen Universitas Pamulang (UNPAM).

Lanjut Lisa, “Mahasiswa sebagai agen perubahan (agent of change) diharapkan akan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di jenjang SD dan SMP khususnya di bidang literasi dan numerasi. Dengan mengikuti kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 Tahun 2022, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kepemimpinan, soft skills, dan karakter, serta mendapat pengalaman mengajar yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk satuan kredit semester (sks).”

“Pada KM 3 kali ini, para mahasiswa dari berbagai universitas digabung menjadi satu kelompok. Mereka bertugas di sekolah-sekolah yang sudah ditentukan oleh tim KM 3. Salah satu penempatan di SDS Darul Falah Tanjung Priok,” jelas Lisa.

“Pihak sekolah sangat menyambut dengan baik kehadiran kami, pijak sekolah yang diwakilkan oleh wakil dari Yayasan dan kepala sekolah bapak H. Abdul Rokib S.Ag., pun memberikan arahan-arahan terkait tugas-tugas untuk para mahasiswa. Mahasiswa bertugas dari bulan Februari hingga bulan Juni,” tambah Lisa.

“Sekolah sangat merasa terbantu dengan adanya para mahasiswa, walaupun mereka bukan berasal dari fakultas keguruan tapi mahasiswa pun sangat menikmati tugas-tugas mereka,” pungkas Lisa. (Red/*)

Leave a Reply