BESTTANGSEL.COM, MANADO- RS Siloam Manado kembali melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat Manado dan Sulawesi Utara. Edukasi kali ini adalah tentang kesehatan otak manusia, yang ditayangkan melalui pemutaran film tiga dimensi, “The Amazing Human Brain and the Potential Catastrophe”, di cinemax Bahu Mal, Sabtu (28/9/2019). Hadir sebagai narasumber Prof. DR. dr. Eka J Wahjoepramono SpBS, Ph.D dari Jakarta, dan Assoc Prof. DR. Dr. Eko Prasetyo, SpBS (K) serta DR. dr. Maximillian Ch.Oley, SpBS (K) dari Manado.

“Pemutaran film tiga dimensi tersebut, berisikan pesan-pesan preventif kepada masyarakat, yang mendalam untuk mendeteksi masalah apapun di otak,” Kata Ahli Bedah Saraf Indonesia, Prof. Dr. Dr. dr. Eka Wahjoepramono, Sp.Bs, PhD.

Saat pemutaran film dan penjelasan secara langsung, penonton sangat antusias melihat bagaimana tingkat kesulitan bagian otak yang dioperasi “Dengan film ini diharapkan bisa dan mau melakukan cek up sehingga bisa tahu jika ada yang tak beres seperti adanya gejala stroke dan lainnya,” katanya.

Sementara Dr. dr. Maximillian Oleh, Sp.BS (K), ahli bedah saraf Siloam Hospital Manado, mengatakan, pemeriksaan otak itu sangat perlu, karena sekali rusak otak tak bisa diperbaiki lagi, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan otak dengan MRI dan MRA.

“Stroke itu bisa dihindarkan 90 persen lebih, kalau dia cek atau ketemu dokter keluarga dan dia ikut aturannya,” tambahnya.

“Jika ditemukan ada perdarahan di otak, maka yang penting adalah waktu, jangan menunda segera lakukan tindakan operasi segera jangan menunda, untuk kesehatan,” katanya.

Pelayanan maksimal kesehatan otak di Siloam Hospitals mendapat apresiasi dari beberapa orang yang pernah melakukan operasi otak dan operasi di tulang belakang, seperti mangan Bupati Minahasa, Vreeke Runtu, yang mengaku dioperasi sejak 2005 di Siloam Karawaci oleh dr Eka, dan sampai sekarang masih sehat, demikian juga dengan Pdt. Meiva Salindeho Lintang yangmenceritakan bagaimana menjalani operasi dan berhasil.

(rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.