Hewan Kurban

Hewan Kurban

BESTTANGSEL.COM – Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangerang Selatan memprediksi pada Hari Raya Idul adha 2016 penjualan hewan kurban akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu.

Berdasarkan pantauan DPKP,  dua pekan menjelang hari raya, pedagang hewan kurban sudah bertebaran di pinggir jalan raya. Bahkan saat ini pedagang hewan kurban musiman terlihat semakin bertambah.

“Diperkirakan penjualan hewan kurban tahun ini akan meningkat. Jumlah kenaikannya akan diketahui secara pasti pada saat hari H nanti,” kata Kepala DPKP Kota Tangsel, Dadang Raharja, Senin (06/09/2016).

Jumlah hewan kurban tahun 2014 saja ada 6600 hewan kurban. Sedangkan pada 2015 mencapai 11.300 yang mayoritas berasal dari berbagai daerah di luar Tangsel.

Dadang Raharja mengatakan Tahun 2016 ini, banyak pedagang musiman dari beberapa daerah masuk ke Tangsel untuk menjual hewan kurban. Berdasarkan hasil pantauan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Tangerang Selatan, terlihat pedagang hewan kurban dari luar tangsel. “Kalau tahun lalu jumlah pedagang lokal dan pedagang musiman tidak sebanyak tahun ini” tuturnya.

Sapi kurban yang dipasarkan di wilayah Tangerang Selatan berasal dari berbagai daerah di Indonesia misalnya, Nusa Tenggara Timur (NTT), Nusa Tenggara Barat (NTB), Sulawesi dan Jawa Timur. “beber dia.

Untuk memastikan hewan kurban bebas penyakit, dadang Raharja menyatakan, pihaknya telah membentuk tim pengawas hewan kurban. tim tersebut akan disebar ke seluruh kelurahan/desa. “Satu petugas akan mengawasi satu hingga dua kelurahan/desa. Petugas kita akan memeriksa kesehatan hewan sebelum disembelih dan setelah disembelih. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan daging kurban yang didistribusikan itu aman dikonsumsi,” pungkasnya.

Sumber Teks : IYAR

Sumber Foto : Istimewa