BESTTANGSEL.COM, BOGOR- Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Sekretari D III Universitas Pamulang (UNPAM) Tangerang Selatan di laksanakan pada tanggal, 01 September 2022 di Kecamatan Gunung Sindur, Bogor. PKM kali ini di Ketuai oleh Lisa Novia M.Pd., serta wakil Nur Rachmah Wahidah, M.M dan Anggota Riri Oktarini, M.M, serta Anggun Azizah, Dinasti Ardina dan Riko Armando ssbagai perwakilan mahasiswa.

“Tujuan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada staf/aparatur desa di Kantor Desa Cibadung Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Hasil dari penyuluhan ini diharapkan dapat diterapkan oleh para perangkat desa dalam menjalankan tugasnya menyelenggarakan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat desa dengan penuh integritas, bertanggung jawab, dan berdedikasi dalam pelayanan,” ujar Lisa Novia.

Lanjut Lisa, “Penyuluhan ini perlu dilakukan agar para staf/aparatur desa memahami fungsinya sesuai Undang-Undang No.6 tahun 2014 tentang Desa sehingga dapat menjalankan tugasnya secara profesional, efisisen, dan efektif, terbuka, serta bertanggung jawab. Dalam Pasal 18 ayat (7) dijelaskan bahwa penyelenggaraan pemerintahan desa bertujuan meningkatkan pelayanan publik bagi warga masyarakat desa guna mempercepat perwujudan kesejahteraan umum, meningkatkan ketahanan social budaya masyarakat desa guna mewujudkan masyarakat desa yang mampu memelihara kesatuan sosial sebagai bagian dari ketahanan nasional, memajukan perekonomian desa serta mengatasi kesenjangan pembangunan nasional dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.”

“Perguruan tinggi dalam kedudukannya sebagai mitra masyarakat memiliki kewajiban moril untuk melakukan pembinaan. Untuk itu kegiatan pengabdian masyarakat untuk memberikan pelatihan pembangunan integritas aparatur desa,” ungkap Lisa.

“Ada pun metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pendekatan Participatory Learning and Action (PLA) atau Proses Belajar dan Praktik secara Partisipatif. PLA merupakan metode pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari proses belajar (pelatihan, curah pendapat, dan diskusi) tentang topik seperti peningkatan sumber daya manusia, menumbuhkan rasa percaya diri, intregritas, dan tanggung jawab pada tugas dan setelahnya diikuti dengan aksi atau kegiatan nyata yang relevan dengan materi yang disampaikan,” tutup Lisa. (red/*)

Leave a Reply