BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mengawali tahun 2020 dengan menyelenggarakan kegiatan bakti sosial Donor Darah. Bekerjasama dengan PMI DKI Jakarta, acara ini diikuti manajemen perusahaan dan berlangsung di XL Axiata Tower, Jakarta Selatan, Senin (27/1).

Group Head XL Axiata Regional Jabodetabek dan Kalimantan, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, “Kegiatan donor darah ini merupakan bentuk kepedulian kami kepada masyarakat. Berapa pun banyaknya, darah akan selalu dibutuhkan. Berdasarkan perhitungan WHO, kebutuhan darah 2% dari jumlah penduduk. Wakil Presiden Jusuf Kalla pada pertengahan 2019 lalu menyatakan bahwa Indonesia butuh setidaknya 6 juta kantong darah untuk kebutuhan medis untuk tahun 2019. Khusus DKI Jakarta, dari yang saya baca di media, setidaknya dibutuhkan 1.000 kantong per hari.”

Untuk itu, Francky berharap XL Axiata Regional Jabodetabek bisa menyelenggarakan kegiatan donor darah secara rutin di seluruh wilayah operasinya yang meliputi Jabodetabek, Banten, Sukabumi, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Menurutnya, kegiatan sosial yang sama juga telah dilaksanakan oleh XL Axiata di berbagai daerah, antara lain di Sumatera bekerjasama dengan PMI setempat dan sejumlah yayasan sosial.

Dimulai sejak puluk 09.00 WIB, donor darah ini diikuti para karyawan XL Axiata, termasuk jajaran manajemen, juga para relasi. Tercatat tidak kurang dari 200 orang mendonorkan darahnya dan terkumpul sebanyak hampir 150 kantong.

Penelitian menunjukkan bahwa donor darah juga memberikan manfaat bagi kesehatan, yaitu membantu mengurangi kelebihan kadar zat besi dalam darah, merangsang produksi sel darah merah, mengurangi risiko kanker. Selain itu, donor darah juga bisa untuk mendeteksi penyakit, selain juga setiap kali mendonorkan darah setiap pendonor dapat membantu tiga atau empat penerima individu.

Sebelumnya, pada bulan Oktober 2019, juga atas kerja sama dengan PMI Provinsi DKI Jakarta, XL Axiata juga menggelar kegiatan yang sama yang diikuti oleh lebih dari 100 pendonor. Kegiatan saat itu adalah salah satu rangkaian kegiatan hari jadi XL Axiata yang ke-23 tahun. Kegiatan tersebut berhasil mendapatkan 80 kantong darah yang selanjutnya melalui PMI disalurkan kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan darah. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.