BESTTANGSEL.COM, BSD TANGSEL- Kanker adalah suatu kondisi ketika sel tubuh telah kehilangan kendali terhadap mekanisme normalnya. Hal ini membuat sel-sel tubuh mengalami pertumbuhan abnormal, cepat dan tidak terkendali. Deteksi dini kanker pada anak akan memperbesar harapan sembuh. Ini dikatakan oleh dr. Fitri Primacakti,Sp.A (K) Onk, Spesialis Anak Konsultan Hematologi – Onkologi Eka Hospital BSD. 

“Deteksi dini kanker pada anak akan memperbesar harapan kesembuhannya. Hasil diagnosis awal akan mempercepat proses penanganan dan pengobatan, semakin cepat penanganannya, maka harapan sembuh semakin besar,” tutur dr Fitri, disela kegiatan Media Gathering Eka Hospital, di Lumino Cafe BSD, Kamis (29/07).

Lebih lanjut, dr Fitri menyebutkan, ada 2 faktor penyebab kanker pada anak, yaitu faktor lingkungan dan faktor genetik. Beberapa faktor dari lingkungan yaitu seperti radiasi, infeksi virus, tegangan listrik tinggi serta zat-zat kimia.

Menurut dr. Fitri ada baiknya orang tua memperhatikan beberapa gejala kanker pada anak, sebagai awal deteksi dini sebelum selanjutkan dibawa ke dokter.

“Anak penyitas kanker biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti; demam berulang tanpa alasan yang jelas. Demam seperti ini bisa menjadi ciri ciri atau tanda leukimia. Pendarahan yang terjadi tiba tiba. Mudah memar, luka, lebam dan gusi berdarah. Penurunan berat badan disertai mual dan muntah. Benjolan di beberapa tubuh pada anak. Mata kucing, yakni adanya cahaya atau kelainan pada bola mata anak, saat difoto dalam suasana gelap,” ungkap dr Fitri.

“Beberapa jenis kanker yang sering menyerang pada anak, di antaranya; Leukimia yakni kanker yang menyerang sel darah putih. Retinoblastoma, kanker pada mata. Osteosarkoma, kanker pada tulang. Limfoma, kanker pada darah. Dan Neuroblastoma, kanker pada saraf,” imbuh dr Fitri.

Dia juga menjelaskan pencegahan kanker pada anak bisa dilakukan, dengan menerapkan pola hidup sehat pada anak. Seperti, melakukan cek kesehatan secara berkala. Menghindari paparan asap rokok. Melakukan aktivitas fisik atau berolahraga. Pengaturan pola makan, serta istirahat yang cukup.

“Jika melihat gejala segera konsultasi ke dokter, agar pada anak tersebut bisa dilakukan pemeriksaan, seperti pemeriksaan dilakukan sesuai dengan jenis kanker. Melakukan foto rontgen, biopsi, tes darah. Setelah itu lakukan pemeriksaan penunjang seperti : MRI, CT SCAN, USG,” tutup dr Fitri. (Red/As)

Leave a Reply