BESTTANGSEL.COM, JAMBI-Pasca melahirkan, seorang ibu yang dinyatakan positif Covid-19 masih boleh memberikan ASI pada bayinya. Hal ini dikatakan oleh dr. Ismali Usman Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan Siloam Hospitals Jambi, saat menggelar Health Talk online dengan tema “ANC dan Persalinan di Tengah Pandemi Covid-19” pada Jumat (29/5).

“Ibu menyusui boleh tetap memberikan ASI nya kepada bayinya asalkan ibu menyusui tersebut kondisinya stabil, dengan kata lain, dia covid-19 tapi tidak lemas atau tidak sesak nafas,” jelas Ismali kepada lebih dari 50 bidan yang mengikuti webinar kesehatan tersebut.

Namun, Ismali menekankan pentingnya mengikuti protokol kesehatan Covid-19 bagi para ibu menyusui. “Cuci tangan sebelum menggendong bayi, dan gunakan masker saat menyusui. Ini tetap harus dilakukan, bagi semua ibu menyusui tanpa terkecuali,” tegasnya.

Selain membahas seputar laktasi, Ismali juga menjelaskan tata cara melakukan pertolongan bagi ibu hamil yang akan melahirkan di tengah pandemi Covid-19. “Para bidan wajib melakukan perawatan persalinan kepada semua ibu yang akan melahirkan, tentunya dengan tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19 bagi para tim medis maupun ibu yang akan melahirkan, yakni dengan menggunakan APD dengan lengkap dan benar,” ungkap Ismali.

Ismali mengatakan bahwa para bidan juga dianjurkan untuk menjaga imunitas dari ibu yang akan melahirkan dengan memberikan rasa aman dan nyaman. “Umumnya ibu yang akan melahirkan imunitasnya rentan lemah, untuk itu kita wajib untuk memberi masukan positif serta menjamin rasa aman sehingga imunitas ibu tersebut bisa tetap stabil,” pungkas Ismali. (As)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.