BESTTANGSEL.COM, JAKARTA-Tak ingin terserang virus Covid-19, banyak orang mulai sadar untuk lebih peduli terhadap kesehatan, kebersihan, dan meningkatkan imun tubuhnya. Seperti diketahui, saat imunitas tubuh drop, penyakit apapun mudah menyerang. Salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap fit adalah memanfaatkan ramuan herbal dan meningkatkan keimanan. Dua hal tersebut disampaikan oleh dr. Zaidul Akbar untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Dalam menghadapi penyebaran wabah virus ini tidak hanya melalui persiapan fisik namun juga persiapan batin atau rohani. Menurut dr. Zaidul Akbar, kekuatan fisik diawali oleh kekuatan jiwa/rohani seseorang. Kekuatan rohani membuat daya tahan tubuh mengikuti sistem alami yang telah diatur oleh Tuhan untuk masing-masing individu. Berikut tips dan trik untuk persiapan rohani untuk menghadapi pandemik ala dr. Zaidul Akbar dan ACT.

Selain, tips dan trik dalam meningkatkan rohani/jiwa. Terdapat pula Tips dan trik dalam membuat ramuan kesehatan untuk kebutuhan sehari-hari dalam meningkatkan imun :

1Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan merupakan hal paling penting karena semua yang masuk di tubuh kita dimulai dari apa yang kita konsumsi. You are what you eat. Jika pencernaan bagus, maka imunitas tubuh juga akan baik dan dengan mudah mengobati dirinya sendiri bila terserang penyakit atau virus. Madu, kurma, dan jahe merupakan super food yang paling baik untuk direbus dan diminum setiap pagi sebagai cara untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Penuhi Asupan Kebutuhan Prebiotik Tubuh 

Pada umumnya, orang sering menganggap bakteri adalah kuman berbahaya karena menyebabkan penyakit pada tubuh. Tapi nyatanya, tubuh kita mengandung banyak sekali bakteri yang tergolong menjadi bakteri jahat dan bakteri baik. Bakteri baik memiliki peranan untuk membantu fungsi organ-organ dalam tubuh kita agar dapat bekerja dengan lebih baik dan memberikan manfaat pada kesehatan kita. Salah satu bakteri baik yang sering kita dengar adalah probiotik. Fungsi utama dari probiotik adalah membantu menjaga agar pencernaan kita tetap sehat.

dr. Zaidul Akbar merekomendasikan tempe dan kurma sebagai salah satu makanan yang perlu dikonsumsi rutin untuk memenuhi kebutuhan probiotik tubuh. Caranya, tempe diblender dengan madu dan kurma, untuk menjadi bahan probiotik alami. Selain itu, dr. Zaidul Akbar untuk menyediakan stok madu dan kurma di rumah dan dikonsumsi setiap hari.

3. Tingkatkan Imunitas melalui Air Perasan Jeruk

Imunitas adalah hal utama untuk menghadapi semua penyakit. Salah satu cara meningkatkan imunitas melalui air perasan jeruk. Bagi yang sedang mengalami flu, tenggorokan gatal, sumeng, atau tidak enak badan, dapat mencoba minuman yang satu ini. Bahannya-bahannya sangat mudah kita temui di dapur. Hanya perlu 2 jeruk nipis atau lemon, 3 sendok teh madu, dan air hangat. Minuman ini sangat baik untuk mem-boost tubuh karena memiliki vitamin C yang tinggi. Ada baiknya kalau diminum secara rutin setiap pagi sebagai cara untuk meningkatkan imunitas terlebih disaat drop.

4. Wedang Uwuh, Alternatif Herbal Saat Tubuh Drop

Saat imunitas tubuh drop, penyakit apapun mudah menyerang. Untuk itu, penting menjaga tubuh agar tetap fit. Mengkomunsi ramuan herbal dipercaya menjadi rahasia ajib yang membantu meningkatkan daya tahan tubuh. dr. Zaidul Akbar berbagi tips untuk membuatnya.

Siapkan jahe seukuran jempol tangan, secang 3-4 helai, daun salam 2 lembar, daun sereh 1 lembar, daun pandan 1 lembar, kayu manis sejempol, kapulaga 3 butir, kembang lawang 3, sedikit lada hitam, dan gula aren/madu. Cara membuatnya, masukan semua bahan ke air yang mendidih. Begitu sudah keluar aroma wangi, maka angkat dan tuangkan di gelas. Minuman kaya rempah-rempah ini dapat mencegah masuk angin, mengobati flu dan pegal-pegal, menambah stamina, dan mengurangi nyeri.

5. Ibadah dan Terus Berbagi adalah Kunci Ketenangan Jiwa

Seperti yang kita ketahui, jika kebutuhan makanan kurang, maka kebutuhan fisiknya juga akan berkurang. Sama halnya dengan kebutuhan  jiwa, ia perlu dipenuhi dengan berbagai aktvitas yang dapat meningkatkan kualitas jiwa tersebut. Apa yang perlu dilakukan? Salah staunya adalah dengan meminta pertolongan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk terus diberi kesabaran. Meningkatkan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, serta selalu berbagai kepada sesama. Berbagi kepada sesama akan meningkatkan rasa kepedulian sosial dan kekuatan rohani/jiwa.

Itulah tips-tips untuk kesehatan jasmani dan rohani ala dr. Zaidul Akbar dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) yang bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Jadikan pandemi ini sebagai momentum yang tepat untuk menaikan dosis kebaikan, sedekah, amal ibadah sebagai sarana untuk meningkatkan keimanan melalui ibadah, menjaga asupan makanan, dan semua yang baik untuk tubuh.

Sebentar lagi Ramadhan akan hadir menjumpai para muslim/muslimah di dunia, maka saatnya perkuat iman dan takwa, kesehatan jiwa dan raga. Hingga kini, tim ACT juga terus mengadakan aksi medis mulai dari edukasi, pembagian alat kesehatan, hingga Operasi Pangan Gratis untuk meminimalisasi permasalahan wabah virus Corona ini. Kamu peduli, kita peduli, semua peduli dengan pandemi yang terus menyebar di berbagai negara di dunia. Bersama, kita atasi virus Corona dan selamatkan saudara sebangsa! (**)

www.Indonesiadermawan.id/BersamaLawanCorona

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.