BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Hadirnya perguruan tinggi Islam, dalam hal ini Universitas Islam Negeri (UIN), memiliki peran penting yang tidak saja dalam pengkajian ilmu-ilmu Islam, tetapi juga dalam berbagai sektor kehidupan dalam bernegara. Untuk itu, kami memandang penting adanya silaturahmi pemikiran di antara para alumni UIN-UIN se-Indonesia untuk memberikan respon terhadap berbagai persoalan keumatan, kebangsaan, dan pemikiran Islam. Terkait hal itu, maka diadakanlah Konferensi Nasional Alumni UIN-UIN se-Indonesia, pada 21-22 Maret 2018, di Syahida Inn UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan yang dimotori oleh Pengurus Ikatan Alumni UIN (IKALUIN) Syarif Hidatullah Jakarta ini, diikuti oleh Alumni UIN Se-Indonesia. Agar menarik, kegiatan konferensi dikemas dalam format focus group discussion (FGD). Para peserta menyampaikan makalah mengenai berbagi isu terkait dengan tema konferensi dari perspektif keahlian dan profesinya, seperti pendidikan dan keguruan, dakwah dan studi Islam, hukum dan ketatanegaraan, sosial-politik, seni dan budaya dan bidang profesi lainnya.

“Kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang diselenggarakan dalam rangka silaturahmi, dan bertukar pemikiran untuk merespon berbagai permasalahan dalam kehidupan masyarakat bangsa,” tutur Ahmad Zacky Siradj, Ketua Umum Ikatan Alumni UIN (IKALUIN).

Zacky juga mengatakan bahwa kegiatan bertujuan untuk melakukan Konsolidasi nasional alumni UIN-UIN se-Indonesia,  untuk membicarakan perannya terhadap proses transformasi Indonesia. Memperkuat silaturahmi, komunikasi, jejaring, dan sinergi di antara para alumni UIN-UIN se-Indonesia. Serta, Mendiskusikan dan memetakan berbagai persoalan terkait kehidupan masyarakat bangsa, sekaligus menawarkan respon yang tepat sebagai kelanjutan dari amanah tridarma perguruan tinggi.

“Kami berharap, konferensi ini menjadi sarana silaturahmi para alumni UIN-UIN se-Indonesia dalam rangka memetakan dan menawatkan alternatif jalan keluar berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat bangsa sebagai kelanjutan amanah tridarma perguruan tinggi,” pungkas Zacky.

 

Asri

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.