BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan -Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mencatat terjadi kenaikan harga pada sejumlah komoditi bahan pangan. Kenaikan terjadi sejak sepekan terakhir ini dan diperkirakan hingga libur pergantian tahun baru.

“Monitor harga di Tangsel, di kita masih cukup stabil karena kenaikan masih di bawah 5 persen,” kata Kepala Bidang Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Disperindag Kota Tangsel, R Gunara Wubiksana di Serpong Utara, kemarin.

Ia mengungkapn, kenaikan di bawah 5 persen ada telur ayam, cabe merah, cabe keriting, cabe rawit hijau, bawang merah, ikan besar kembung, kacang hijau.

Informasi pedagang, kalau ayam dengan telur itu pakan ikut mempengaruhi karena pakan itu impor. Kalau cabe, karena ini cuaca seperti ini jadi cepat busuk.

“Kalau beras stabil baik premium maupun medium,” ungkap Gunara. Ia mengaku bahwa harga sejumlah komoditi bahan pangan juga ada juga yang mengalami penurunan.

Antara lain, gula pasir, minyak goreng, daging ayam, cabe rawit merah, bawang putih, tomat, kol. Disperindag Kota Tangsel terus melakukan pemantauan harga selama lima hari kerja.

“Setiap hari kira pantau untuk stok. Kita juga kerja sama dengan bulog untuk menjaga stok kebutuhan,” ujar Gunara.

Adapun pemantauan harga komoditi bahan pangan dilakukan di pasar-pasar tradisional seperti, Ciputat, Jombang, Serpong, Cimanggis, Jengkol dan Pasar Bintaro.

 

Asri/webtangsel

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.