Seiring perkembangan musik yang kian bertambah dari waktu kewaktu membuat banyaknya para musisi mengembangkan kemampuannya untuk membuat sebuah sekolah yang berbasis pendidikan musik. Bidang studi yang  ditawarkan mencakup semua aspek pembelajaran, termasuk psikomotor (pengembangan kemampuan), kognitif (pemerolehan pengetahuan), dan afektif, termasuk apresiasi musik dan sensitivitasnya.IMG_20160423_112235_HDR

Musik, bisa dikatakan seperti bahasa, yaitu pencapaian yang membedakan manusia dengan makhluk lain. Salah satunya adalah BJ Musik, sebuah sekolah non formal yang ditekankan kepada pendidikan atau pelatihan untuk bermain musik dari tingkat anak-anak hingga dewasa.

Dany selaku owner Bj Musik mengatakan, sekolah yang sudah didirikan selama 4 tahun ini memang dibuat berbeda dengan sekolah musik lainnya, yaitu terlihat dari kurikulum yang ditawarkan selain serius tapi para murid bisa langsung ke dunia industri dan berusaha menggaet para murid untuk menjadi profesional di usia dini.

“Saya melihat saat ini perkembangan dunia musik khususnya di Tangerang Selatan memang sangat kurang untuk wadahnya, bahkan sangat sedikit. Oleh karena itu dengan adanya BJ Musik dapat menjadikan sebuah wadah baru untuk dunia permusikan saat ini dengan langsung menggaet para murud menjadi profesional kedepannya,” jelas Dany.

Belum lama BJ Musik mengadakan sebuah kegiatan di Lubana Sengkol dengan konsep sersan yaitu serius tapi santai. Dalam kegiatan ini sebanyak puluhan siswa menampilkan keterampilan mereka didepan para orang tua diantaranya gitar, piano, biola, vokal, bahkan drum. Semua siwsa terlihat menikmati acara tersebut dengan sangat senang dan antusias.

“Jadi acara ini memang akan dibuat untuk kegiatan tahunan untuk kurikulum yang bertemna BJ Musik Camp, dimana para siswa diajak untuk melakukan mini konser yang ditonton langsung oleh kedua orang tuanya,” Terangnya.

Untuk saat ini jumlah murid di BJ Musik mencapai 85 orang yang terdiri dari pelajar tingkat TK, SD, SMP, SMA, sampai yang sudah bekerja. Disini juga murid di beri pembelajaran dengan menggunakan minus one serta belajar dari hasil yang sudah didapat, seperti di drum yang diajarkan untuk bermain groove. Kemudian untuk tahap belajar di BJ musik ini tahapannya sampai 6 bulan atau bisa dibilang satu semester untuk menguasai ilmu dengan baik.

Dany juga menambahkan, Belajar musik itu bisa membantu anak untuk bisa belajar seperti layak nya belajar formal seperti di sekolah, karena didalam diri manusia memiliki otak kiri dan kanan.
“Otak kiri biasa nya di gunakan untuk hal yang serius seperti hitung menghitung daya ingat atau bisa di bilang untuk hal yang formal sedangkan otak kanan biasa nya untuk hal-hal yang fun dan cendrung tidak untuk menghafal yang berkaitan dengan pelajaran mengingat,” tambahnya.

Saat ini BJ Musik memiliki 9 orang prngajar dari berbagai alat music dan kebanyakan guru di BJ musik selain menjadi guru, mereka adalah player-player handal.

 

Teks/Editor :M. Jakaria / Bani Ramadhan

Foto : M. Jakaria