BESTTANGSEL.COM, JAKARTA – Keputusan alim ulama se-Indonesia mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden Joko Widodo dan KH Ma’ ruf Amin, tertuang dalam tiga keputusan Muzakarah Alim Ulama se-Indonesia yang digelar Arus Baru Indonesia (ARBI) 3-4 November kemarin, menuai respons positif.

Bendahara Majelis Permusyawaratan Pengasuh Pesantren Indonesia (MP3I) Habib Sholeh Al-Muhdar salah satunya.

Habib Sholeh optimistis keputusan para alim ulama mendukung pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin demi kepentingan umat.

“Saya sangat setuju dengan apa yang sudah menjadi keputusan para ulama di Indonesia (mendukung Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin) saat muzakarah kemarin,” kata Habib Sholeh di Jakarta.

Menurut Habib Sholeh, keputusan para alim ulama se-Indonesia diambil melalui pertimbangan matang dan demi kepentingan umat.

“Para ulama tidak akan sembarangan dalam mengambil keputusan,” tutur Habib Sholeh memastikan.

Keputusan mendukung pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin, menurut Habib Sholeh, sudah sepatutnya mendapat dukungan masyarakat, terutama muslim di Tanah Air.

“Sekarang yang terpenting bagaimana kebersamaan ulama itu bisa saling memiliki dan kebersamaannya untuk NKRI,” imbau Habib Sholeh.

Selain itu, Habib Sholeh berharap, keputusan mendukung ulama menjadi pemimpin bangsa dapat lebih menyatukan muslim di Indonesia.

“Saya yakin ulama bisa membuat Indonesia lebih sejuk, dan membuat muslim di Indonesia lebih bersatu,” kata Habib Sholeh.

Pimpinan Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, KH Bunyamin Ruhiat mengatakan, Muzakarah Alim Ulama se-Indonesia menghasilkan tiga keputusan.

“Yang pertama, kami bersepakat jika memilih pemimpin itu hukumnya wajib untuk menjaga agama serta memelihara bangsa dan negara,” kata Kiai Bunyamin. Alhasil, masyarakat yang telah memiliki hak pilih diminta untuk memilih calon pemimpin saat Pemilihan Presiden 2019, April mendatang.

Kedua, hasil muzakarah juga menyepakati tentang kriteria pemimpin. Yakni, jelas Kiai Bunyamin, harus beriman, bertakwa, jujur, amanah, berkompetensi, arif dan santun, tablig, serta berkomitmen terhadap bangsa dan umat.

Ketiga, ungkap Kiai Bunyamin, berdasarkan sejumlah kritera tadi, “ Alhamdulillah alim ulama se-Indonesia memutuskan untuk mendukung Calon Presiden dan Wakil Presiden Nomor Urut 1 Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.”

 

BR

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.