BESTTANGSEL.COM, Banten – Dalam rangka menyusun rencana pembangunan Nasional dan rencana pembangunan Daerah, sesuai Undang-Undang no. 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan diatur oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Bappenas untuk tingkat nasional, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda).

pemerintah Provinsi Banten mengadakan Musrenbang penyusunan RKPD, di Allium Hotel-Tangerang, Senin (10/04/2017). dengan dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo, Ketua DPD Provinsi Banten, Plt. Gubernur Provinsi Banten Nata Irawan, Bupati/Walikota se-ProvinsiBanten, beserta jajaran OPD pemerintahan terkait.

Dalam sambutannya Plt. Gubernur Banten Nata Irawan menyampaikan kegiatan ini dilakukan agar dapat menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan arah kebijakan prioritas dan sasaran pembangunan nasional.

“Ada tujuh prioritas program pembangunan di Provinsi Banten, yaitu peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan serta pendidikan, pembangunan infrastruktur (wilayah, energi, dan air baku), pemanfaatan sumber daya kelautan, peningkatan kualitas dan penatausahaan keuangan daerah, perlindungan dan rehabilitasi sosial, perluasan lapangan kerja serta usaha, dan yang terakhir pembangunan pertanian dan ekonomi lokal,” ungkap Nata.

Nata berharap dengan adanya prioritas pembangunan yang ada diharapkan dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Banten.

Sementara itu Mendagri-RI Tjahyo Kumolo mengatakan bahwa program prioritas Provinsi Banten tahun 2018 harus dibangun dengan hubungan tata kelola Pemerintah Pusat dan Daerah yang lebih efektif, efisien dalam upaya untuk mempercepat reformasi birokrasi serta otonomi daerah.

“Sinergitas antar daerah di Provinsi Banten harus terjalin dengan baik untuk mempercepat pemerataan pembangunan,” ungkap Tjahyo.

Tjahyo juga menyampaikan titipan pesan dari Presiden RI Joko Widodo, bahwa fokus daerah untuk melakukan sebuah proses pembangunan itu harus direncanakan dengan baik, perencanaan kegiatan yang sudah matang harus segera dianggarkan agar nantinya dapat terealisasi dengan baik juga.

 

 

Iyar