BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Perkembangan teknologi dan data selalu beriringan. Pertumbuhan data, menciptakan peluang bagi berbagai industri. Tanpa disadari data science sudah mendampingi kehidupan jaman sekarang. Penerapan data science bisa kita lihat dari saat kamu mencari baju di e-commerce, kemudian secara kebetulan iklan yang muncul di sosial media kamu adalah baju juga. Hal itu disebut recommender system yang sering diterapkan industri bisnis untuk memasarkan produknya.

Data menjadi susunan utama dari teknologi masa kini. Semakin bertambahnya teknologi, manusia akan semakin dimudahkan. Namun, data yang semakin banyak harus diolah agar menjadi informasi yang bermanfaat. Munculah data science, sebagai ilmu yang menggabungkan matematika/statistika, komputer dan ilmu bisnis. Tujuannya membantu dan memprediksi data dalam pengambilan keputusan.

Manfaat data science adalah dapat memberikan efisiensi dalam pekerjaan. Benefit lainnya bisa didapat jika kamu mulai belajar data science dari sekarang.

1. Dapat Memprediksi Tren Masa Mendatang
Sekarang semua aktivitas tidak terlepas dari teknologi informasi. Sejalan dengan berkembangnya teknologi, informasi yang dihasilkan semakin banyak. Jika informasi tersebut diolah dengan baik dengan metode yang tepat, maka akan menghasilkan prediksi tren di masa mendatang. Hal ini sangat menguntungkan bagi perusahaan, karena informasi tersebut dapat dijadikan pedoman dan strategi berikutnya. Ilmu yang digunakan untuk mengolah informasi disebut data science. Dengan ilmu ini, kumpulan data yang sangat banyak dapat diolah dengan efisien dan akurat. Tentunya akan menghemat waktu dan menguntungkan bagi perusahaan. Tak hanya itu, kemampuan problem solving kamu akan diuji. Dengan begitu, kamu akan terbiasa memecahkan masalah di masa depan.

Baca juga : Manfaat Penting Data Science Dalam Era Modern
[https://dqlab.id/manfaat-penting-data-science-dalam-era-modern]

2. Data Science Bisa Diterapkan Diberbagai Bidang.

Data science mencangkup beberapa ilmu, seperti matematika/statistika, ilmu komputer, dan bisnis. Ilmu yang luas, dapat diterapkan di berbagai industri. Misalnya di bidang komunikasi, data science dapat digunakan untuk mengolah data pelanggan setiap harinya, yang bisa membantu perusahaan dalam menambah pelanggan baru dan menjaga pelanggan lama. Data science juga bisa diterapkan di bidang keuangan, seperti digunakan untuk kredit, penasehat keuangan privat, asuransi, dan sebagainya.

Belajar data science mulai dari sekarang adalah pilihan yang tepat, karena ilmu yang didapat akan berlaku dalam jangkau panjang. Data science terbuka untuk siapapun yang mau mendalaminya.

3. Indonesia Butuh Banyak Praktisi Data
Sebenarnya ada banyak talenta data di Indonesia, namun tidak banyak yang bisa memenuhi kebutuhan suatu perusahaan. Untuk bekerja sebagai praktisi data, diperlukan beberapa kompetensi dasar yang harus dipelajari dengan konsisten. Seperti, megolah data menggunakan ilmu statistik, keahlian progamming, dan komunikasi untuk menjelaskan visualisasi data agar dapat dipahami dengan mudah. Talenta data inilah yang dibutuhkan Indonesia agar bisa bersaing di era digital.

Jika kamu sudah mulai belajar data science dari sekarang, itu merupakan keuntungan bagi kamu. Profesi ini terlihat sangat menjanjikan di masa depan, kebutuhan yang tinggi membuat profesi ini banyak dicari perusahaan. Artinya, dengan mempelajari data science kamu dapat mempersiapkan diri untuk bersaing di masa mendatang.

Baca juga : Intip Benefit Belajar Data Science Versi DQLab di Era Digital!
[https://www.dqlab.id/intip-benefit-belajar-data-science-versi-dqlab-di-era-digital]

4. Persiapkan Dirimu untuk Masa Mendatang dengan Data Science.

Menghadapi era digilal, menjadi salah satu tantangan besar bagi generasi muda di Indonesia. Teknologi semakin maju, mengharuskan kamu untuk melek data. Cukup dengan belajar data science, kamu akan bisa menghadapi dan mendapatkan peluang di masa depan. DQLab menghadirkan program belajar yang fun dan aplikatif special pemula. Tersedia program gratis juga yang bisa kamu ikuti jika sign up di DQLab.id. Belajar data science fleksibel? Di DQLab aja!

(Red/rlls)

Leave a Reply