BESTTANGSEL.COM, TANGERANG- Memasuki era transformasi digital, sejumlah perusahaan di semua lini bisnis kini berpangku pada data yang dimiliki. Dengan melihat serta mengolah data yang dimiliki, perusahaan bisa mendapatkan solusi yang tepat dalam mengambil keputusan. Oleh sebab itu, kini keberadaan praktisi data sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan.

Untuk mendukung tumbuh kembangnya sumber daya manusia yang ada, DQLab bekerja sama dengan Kominfo menghadirkan Professional Academy Digital Talent Scholarship. Saat ini sedang dibuka registrasi DTS PROA Batch 4 sebagai bentuk program beasiswa bagi para calon talenta data. Program ini nantinya akan memberikan pembelajaran gratis serta pembelajaran data science secara intensif melalui modul pembelajaran yang akan diberikan secara online.

Para peserta beasiswa ini nantinya dapat menentukan jadwal pembelajaran secara mandiri. Sehingga cocok dengan keadaan pandemi seperti saat ini untuk mengexplore kemampuan para calon talenta data yang siap menghadapi era transformasi digital. Keuntungan dari mengikuti program beasiswa ini adalah para peserta akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri data. Selain itu, melalui program beasiswa ini para peserta juga berkesempatan untuk melebarkan networking dengan senior praktisi data. Dalam program beasiswa ini ada dua pelatihan yang ditawarkan, yakni untuk profesi Data Analyst, Data Scientist dan Data Engineer. Kamu tertarik untuk mengikutinya? Yuk simak informasi selengkapnya ya!

1. Data Scientist
Seringkali orang awam memandang data scientist memiliki arti yang sama dengan data engineer, padahal kenyataannya tidak. Data scientist adalah seseorang yang bertugas untuk membersihkan, memproses, dan mengolah data yang sudah dikumpulkan oleh data engineer. Berdasarkan latar belakang pendidikan, sebagian besar data scientist biasanya memiliki background pendidikan matematika, statistik, dan ekonomi.

Tanggung jawab utama seorang data scientist adalah menceritakan atau mempresentasikan hasil analisisnya kepada perusahaan beserta para stakeholdernya. Dalam pekerjaannya sehari-hari seorang data scientist biasanya menggunakan machine learning dan metode statistik untuk menyiapkan data sehingga menghasilkan informasi yang diperlukan oleh perusahaan atau organisasi. Data scientist juga memiliki tanggung jawab untuk melakukan penelitian guna menjawab memberikan solusi terhadap masalah yang terjadi di perusahaan, maupun demi perkembangan perusahaan.
Baca Juga : Mulai Belajar Data Science Gratis Bersama DQLab Selama 1 Bulan Sekarang!

2. Data Engineer
Data engineer adalah seseorang yang bertugas menyiapkan data, membangun alur data dari berbagai sumber yang ada, mengintegrasi, merapikan, dan membentuk data yang digunakan untuk keperluan analisis data scientist. Umumnya, seorang data engineer berangkat dari latar belakang pendidikan programming, seperti Java, Scala, atau Python.

Lain nama, lain pula tanggung jawab data engineer dengan data scientist. Tanggung jawab utama seorang data engineer pada perusahaan adalah mengembangkan, membangun, dan memelihara arsitektur seperti database dan sistem pemrosesan skala besar. Pada praktik lapangannya, data engineer menggunakan beberapa tools dan bahasa pemrograman untuk menggabungkan beberapa sistem untuk menemukan peluang pengambilan data. Tidak berhenti sampai di situ, seorang data engineer juga mencari dan merekomendasikan cara atau proses yang tepat untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas data.

3. Data Analyst
Meningkatnya permintaan akan pekerjaan di bidang data seperti Data Analyst, membuat banyak pihak tertarik untuk mempelajari kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan dalam pekerjaan tersebut. Salah satunya yaitu bahasa database seperti SQL. Bahasa SQL merupakan salah satu dari banyak bahasa pemrograman yang juga sering digunakan untuk melakukan pengolahan data hingga menemukan insight dari setiap data yang sedang kamu olah. Sebagian besar perusahaan dan situs web besar pasti memiliki database yang digunakan untuk menghasilkan informasi dalam membuat suatu keputusan. Disinilah Data Analyst sangat berperan.
Baca Juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

4. Ingin Berkarir sebagai Data Analyst, Data Engineer atau Data Scientist? Registrasi Professional Academy Digital Talent Scholarship Sekarang!
Keuntungan yang akan didapatkan dengan mengikuti program beasiswa yang diinisiasi oleh DQLab dan Kominfo adalah, seluruh partisipan akan mendapatkan sertifikat sebagai bekal untuk melanjutkan karir di industri untuk hadapi studi kasus nyata. Selain itu, partisipan akan mendapatkan kesempatan belajar gratis untuk menikmati semua materi yang tersedia pada DQLab.

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pelatihan untuk profesi Data Analyst, Data Scientist dan Data Engineer. Pelatihan ini akan dibawakan secara daring melalui modul interaktif DQLab dan sesi mentoring bersama praktisi data di Industri. Peserta yang berhasil menyelesaikan program akan mendapatkan certificate of completion dan certificate of competence lewat proyek data menantang.
Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti program beasiswa GRATIS yang diselenggarakan oleh DQLab dan Kominfo.

Kuota terbatas! masing-masing pelatihan hanya menyediakan 2000 slot untuk calon talent data.
Catat Tanggalnya! kamu bisa mendaftarkan diri kamu sampai tanggal 25 September 2021, Yuk daftar sekarang melalui DQLab! (Red/*)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.