BESTTANGSEL.COM, CIPUTAT- Berkomitmen kuat mewujudkan Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai “Kota Layak Anak”, Pemkot Tangsel melalui Dinas PMP3AKB kembali melantik Pengurus Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia (APSAI) Periode 2021-2024, pada Kamis (01/04) di Aula Lengkong Pusat Pemerintahan Kota Tangsel. Pengurus dilantik secara langsung oleh Ketua Umum APSAI Pusat, Luhur Budijarso. Hadir menyaksikan, Kepala Dinas PMP3AKB, drg. Khairati, Ketua CSR Tangsel, Ali Samson Pane.

Mewakili Walikota Tangsel, PJ Sekda Tangsel, Bambang Nurcahyo mengatakan bahwa pada tahun 2019, Tangsel mendapat penghargaan sebagai kota layak anak. Dengan dilantiknya pengurus APSAI 2021-2024, kami berharap Tangsel bisa mempertahankan penghargaan tersebut. “Pemkot Tangsel berharap APSAI bisa mensinergikan perusahaan-perusahaan dengan hak anak, diantaranya dengan melibatkan anak dalam berbagai kegiatan CSR, seperti ikut menanam pohon, dan lain sebagainya,” tutur Bambang.

Bambang juga menuturkan pesan yang disampaikan oleh Walikota Tangsel, Airin. “kami sadar betul, tidak mungkin pemerintah mampu berjalan sendiri tanpa ada nya dukungan dari para pengusaha. Besar harapan saya setelah dibentuknya APSAI ini dapat berjalan berdampingan antara pemerintah dan pengusaha untuk bersama-sama memperhatikan hak-hak anak melalui program-program yang masing-masing di miliki oleh perusahaan-perusahaan terutama yang sudah tergabung dalam APSAI Kota Tangsel,” papar Bambang.

Sementara itu, Ketua Umum APSAI Pusat, Luhur Budijarso sangat mengapresiasi pembentukan APSAI Tangsel. “Di provinsi Banten, baru di Tangerang selatan yang sudah terbentuk APSAI, dan akan menjadi percontohan bagi kabupaten kota yang lain sehingga ini akan memicu kabupaten kota yang lain yang berada di provinsi banten untuk membentuk APSAI juga.”

“Setiap pelaksanaan mengacu pada AD/ART Pusat atau instruksi kementerian PPPA sebagai leading sektor perlindungan anak agar senantiasa sejalan beriringan untuk bersama-sama, mewujudkan Indonesia Layak Anak melalui kerjasama kegiatan yang responsif tentang anak,” imbuh Luhur.

Sementara itu, Ketua terpilih APSAI Tangael, Thohirudin ST., MM., menyampaikan optimisnya untuk mewujudkan Tangsel sebagai kota Layak dan Ramah Anak.

“Kami pengurus yang baru saja dilantik akan segera menyusun program kerja APSAI Tangsel. Yang pertama kami lakukan adalah mendata perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan fasilitas layak anak di perusahaan terkait, misal ruang laktasi, ruang tunggu anak, dan lain lain sebagainya. Intinya, kami pengurus APSAI akan segera bekerja untuk mewujudkan kota layak anak sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Presiden RI, Joko Widodo,” tutup Thohirudin. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.