BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Kelainan tulang (orthopedi) bisa diatasi melalui tindakan operasi. Menjadi bagian dari Ramsay Health Care Group Australia, Rumah Sakit Premier Bintaro (RSPB) telah melengkapi pelayanan dengan membuka Orthopedi Center yang modern dan komprehensif. Bahkan layanan Orthopedi anak menjadi salah satu fasilitas unggulan di RSPB.

“Ada banyak kasus kelainan tulang pada anak-anak, seperti Celebral Palsy, ini bisa diatasi melalui terapi pengembangan syaraf, injeksi botox hingga operasi tulang multi level dan jaringan lunak. Ada juga kasus club feet, yang bisa diatasi dengan tehnik ponseti dan pemanjangan tali tumit. Semua layanan tersebut bisa dilakukan di Orthopedi Center RSPB,” tutur Dr. Patar P. Oppusunggu, SpOT., sebagai dokter orthopedi RSPB, saat hadir sebagai nara sumber, acara Media Gathering dan Seminar Kesehatan Rumah Sakit Premier Bintaro, Kamis (19/9/2019).

“Pada kasus kelainan tulang anak, tidaklah sama dengan kasus orthopedi pada orang dewasa. Hal ini dikarenakan faktor pertumbuhan dan respon tubuh saat cidera, trauma, infeksi serta kelainan bentuk tulang. Seringkali variasi normal dari pertumbuhan dapat dilihat sebagai masalah tapi itu akan teratasi seiring dengan berjalannya waktu,” papar Patar.

Menurut Patar, saat ini banyak sekali kasus kelainan tulang pada anak di Indonesia. Sayangnya, saat ini jumlah dokter orthopedi anak masing tergolong langka. “Hanya ada 10 orang dokter orthopedi di Indonesia. Di antaranya 3 di Jakarta dan 1 di Tangerang, yakni saya sendiri,” tutup sang dokter sambil tersenyum. (Asri)

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.