BESTTANGSEL.COM, PANDEGLANG BANTEN- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pamulang melakukan kerjasama dengan Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, pada Rabu (09/06/2021). Kerjasama dilakukan dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Drs. H Marda. M.Pd, Camat Carita  sangat bahagia dan menyambut baik kerjasama ini, dengan harapan pihak kampus bisa membantu memberikan pelatihan yang dibutuhkan oleh masyarakat Carita yang sebagian besar merupakan pelaku usaha kecil.

“Melalui kerjasama ini, kami berharap masyarakat akan teredukasi dalam memberikan layanan yang baik kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai Carita,” ujar Marda.

Sementara itu, Dr. E. Nurzaman. AM selaku Rektor Universitas Pamulang dalam forum diskusi yang di selenggarakan di Aula PGRI Kecamatan Carita mengatakan, bahwa  pentingnya meningkatkan kwalitas hidup sumberdaya manusia dengan memperbaiki kwalitas pendidikan masyarakat.

“Bagi perguruan tinggi kerjasama ini sebagai wujud tanggung jawab UNPAM kepada masyarakat untuk meningkatkan dan mengembangkan sumberdaya manusia serta potensi sumberdaya yang di miliki oleh masyarakat di Kecamatan Carita bisa di kembangkan dan memiliki daya saing,” paparnya.

Carita adalah salah daerah tujuan wisata yang dimilki oleh Kabupaten Pandeglang dan sangat potensial secara ekonomi bagi pemerintah daerah dan masyarakat. Namun semenjak pandemi covid-19 pada Maret tahun 2020, semua daerah tujuan wisata mengalami penurunan kunjungan dan menurunnya perputaran ekonomi.

Dampak pandemi terhadap perekonomian pelaku usaha kecil sangat berat, seperti yang di sampaikan oleh Farisa dan orang tuanya yang menjalankan usaha rumah makan. Dengan turunnya kunjungan wisatawan, tentu berpengaruh terhadap kegiatan perekonomi masyarakat. Hotel dan penginapan yang biasanya penuh pada akhir pekan. Semenjak pandemi turun dratis.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini, dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang melihat ada potensi produk hasil usaha masyarakat bisa dikembangkan untuk pasar di dalam negeri dengan melakukan perbaikan system pemasaran produk dan promosi yang berkesinambungan dengan memanfaatkan teknologi.

Pengabdian kepada masyarakat adalah satu bentuk implementasi kerjasama yang sudah di bangun antara Unpam dengan Kecamatan Carita, di mana dosen akan memberikan pelatihan secara berkala kepada masyarakat untuk meningkatkan kemampuan dalam menangkap peluang pasar dengan membangun strategi pemasaran modern untuk mempromosikan produk. (**)

Leave a Reply

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.