BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel), melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Kota Tangsel menggelar sosialisasi peningkatan peluang wirausaha mikro kecil menengah ekowisata UMKM di Marilyn Hotel, Serpong Utara, Selasa 6 Juni 2017.

Sekdis Koperasi & UKM Kota Tangsel, Dahlia Nadaek dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan kepada masyarakat Tangsel tentang adanya usaha kecil yang mampu berdaya saing secara khusus dengan anggaran APBD.

Dahlia menyebutkan, tujuan acara ini adalah untuk menciptakan produk unggulan yang mampu berdaya saing di manca negara.

“Kita berharap Kota Tangerang Selatan akan menjadi kota yang kreatif terutama di bidang kuliner,” kata Dahlia, saat membacakan laporannya dalam acara tersebut.

Disisi lain, Staf Ahli Walikota Tangsel, ‎Dedy Budiawan, menjelaskan, beberapa kegiatan yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD)Tangsel salah satunya dari pengusaha di bidang kuliner,” ujar Dedi.

Sementara itu, Dosen FEB UIN Jakarta, Djaka Badranaya dalam paparannya, juga mengatakan, pengembangan Kota Kreatif merupakan salah satu strategi untuk mencapai ekonomi kreatif sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

“Pengembangan Kota Kreatif haruslah dilakukan secara bersama-sama dan sinergi oleh lintas pemangku kepentingan representasi masyarakat, akademisi dan para pelaku usaha,” katanya.

Menurutnya, kunci utama pengembangan Kota Kreatif adalah keterlibatan Pemerintah, komunitas, akademisi dan pelaku usaha dalam berbagi tugas dan peran. Sehingga menghasilkan upaya yang kolaboratif dan sinergis dalam penumbuhan angan dan pemanfaatan kreativitas serta inovasi.

“Kota Kreatif adalah kota yang memuliakan kreatifitas masyarakatnya. Kota yang memanfaatkan dan mengembangkan kecerdasan, kearifan lokal, keterampilan, daya cipta, serta kemampuan nalar ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai landasan penciptaan serta inovasi,” jelasnya.

Ia berharap, Kota Kreatif perlu dikembangkan karena dapat membangun citra dan identitas lokal, memberikan kontribusi ekonomi yang signifikan, menciptakan iklim bisnis yang positif, berbasis kepada sumber daya yang terbarukan.

“Menciptakan inovasi dan kreatifitas yang merupakan keunggulan kompetitif dan memberikan dampak sosial yang positif,” pungkasnya.
BR/BS

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.