BESTTANGSEL.COM, Tangerang Selatan- Dua anak bernama Desta dan Nazar hanyut terbawa arus di kali Perumahan Maharta, Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan, Selasa (25/2/2020).  Lembaga Bantuan Hukum Tangsel pun angkat bicara.

“Keluarga Tangguh Bencana atau Katana sesungguhnya program yang sangat baik dalam mitigasi bencana. Mengingat menurut penelitian, pada saat bencana, keluarga dapat menyelamatkan diri sampai dengan 65 persen. Sayangnya, Katana itu belum membumi,” tutur Abdul Hamim Jauzie, Ketua Pengurus LBH Keadilan

Lanjut Hamim, “Sudah sejauh mana BNPB menjalankan program Katana itu. Berapa banyak keluarga yang sudah terdaftar sebagai Katana di PNPB. Sepanjang pengetahuan kami, BPNB belum banyak bekerja membumikan Katana. Secara sederhana di RW tempat saya tinggal saja, belum pernah ada pelatihan oleh fasilitator Katana.”

“Selain pelibatan masyarakat umum, apakah media massa, dunia usaha juga sudah dilibatkan dalam membumikan Katana oleh BPNPB. Jika sudah dilibatkan sudah sejauh mana pelibatannya? Jadi hemat saya, program Katana ini tidak atau belum berjalan dengan baik,” tutup Hamim. (**)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.