BESTTANGSEL.COM, TANGERANG – Sinar Mas Land bekerja sama dengan GK Plug and Play Indonesia dan Digitaraya dalam mengembangkan BSD Innovation Labs untuk mendukung perkembangan bisnis startup berbasis digital di BSD City. Rencananya BSD Innovation Labs akan mulai beroperasi pada awal 2020. BSD Innovation Labs akan menjadi startup accelerator untuk Property Technology pertama di Indonesia.

Kerjasama akselerasi ini terbentuk karena semua pihak percaya akan masa depan smart city, proptech dan connected home yang akan terus berkembang seiring meningkatnya kualitas kehidupan masyarakat urban. Penandatanganan kerjasama yang dilaksanakan pada, Rabu (11/9/2019) ditandatangani oleh Irawan Harahap dari Sinar Mas Land, Aaron Nio dari GK Plug and Play Indonesia dan Nicole Yap dari Digitaraya serta disaksikan oleh Michael Widjaja (Group CEO Sinar Mas Land), Gibran Rakabuming, dan Sebastian Trzcinski-Clément (Head of Developer Relations and Startup Ecosystem in Asia, Africa, and the Middle East, Google). Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di lokasi yang akan dijadikan sebagai BSD Innovation Labs yang terletak di GOP 1, BSD City.

Digitaraya, akselerator kelas dunia yang didukung oleh Google Developers Launchpad di Indonesia sebagai partner program akselerator akan membantu tim startup di BSD Innovation Labs untuk meningkatkan bisnis dengan panduan dan dukungan teknologi dari Google. Dengan pengalaman GK Plug and Play Indonesia dalam membina startup berkolaborasi dengan korporasi besar, GK Plug and Play akan berperan membantu tim startup untuk mendapatkan investor dan corporate partners.

Kerjasama yang dilakukan tidak hanya memberi wadah untuk para tim startup, tapi juga menjadi langkah konkret bagi perkembangan ekosistem startup digital yang akan bernaung di BSD Innovation Labs.

Irawan Harahap, Digital Hub Project Leader dari Sinar Mas Land mengatakan, “Sinar Mas Land menyiapkan Digital Hub untuk menjadi tuan rumah dalam berbagai skala usaha digital termasuk startup. Oleh sebab itu kami mengembangkan BSD Innovation Labs sebagai startup accelerator, melalui kerja sama kami dengan Digitaraya dan GK Plug and Play Indonesia. Kami harap keberadaan BSD Innovation Labs berguna bagi fresh talent di bidang digital, sehingga kita dapat menyaksikan berbagai inovasi digital yang dikerjakan para tim startup lahir di Digital Hub, BSD City.”

Sementara itu, Nicole Yap, Managing Director dari Digitaraya berkata, “Kami sangat senang dapat bekerja dengan Sinar Mas Land and GK Plug and Play Indonesia, untuk membuka peluang bagi para startup di proptech, smart living & connected home untuk bergabung dengan program kami. Startup dari Indonesia dan seluruh Asia Tenggara akan memiliki akses ke para pemimpin industri, dan juga para ahli dari Google dan mitra utama kami yang lainnya. Kami berharap dapat menyambut mereka semua di BSD City.”

“Kami mendukung kepedulian Sinar Mas Land sebagai pengembang properti terbesar di Indonesia untuk mengembangkan akselerasi startup. Hal ini menjadi pembuktian bahwa Digital Hub adalah tempat yang tidak hanya ramah untuk perusahaan digital raksasa seperti Apple dan Huawei, tapi juga serius dalam menyiapkan para tim startup untuk berkembang dan berkompetisi dengan perusahaan digital yang sudah mapan.” sambut Aaron Nio, Managing Partner dari GK Plug and Play Indonesia.

Kehadiran BSD Innovation Labs di BSD City menekankan komitmen Sinar Mas Land dalam pengembangan ekosistem digital secara masif dan global. Hal ini merupakan salah satu agenda Sinar Mas Land dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city. Sinar Mas Land saat ini juga tengah mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 hektar yang didedikasikan untuk perkembangan ekonomi berbasis digital dan teknologi, baik dari skala startup, komunitas hingga perusahaan multinasional.

Keberadaan perusahaan-perusahaan digital di BSD City sinergis dengan ketersediaan tenaga kerja digital di BSD City. Township terbesar dari Sinar Mas Land ini telah memiliki digital talent pool yang memadai dengan banyaknya program pendidikan digital yang tersedia di BSD City sehingga tenant dan startup tidak perlu khawatir tentang ketersediaan talent. Pendidikan digital tersebut dihadirkan oleh Apple Developer Academy, Purwadhika Startup & Coding School, Creative Nest, Binar Academy, NXL E-sport Center dan Techpolitan dengan program yang beragam seperti coding, animasi digital, e-sport management dan sebagainya.

Tentang Digitaraya
Digitaraya merupakan akselerator Indonesia yang didukung oleh Google Developers Launchpad dan Google for Startups. Sejak pertengahan 2018 Digitaraya telah meluluskan lebih dari 54 startup dari 12 negara di Asia Pasifik dalam bidang AI, FMCG, fintech, pariwisata dan energi pintar.

Tentang GK Plug and Play Indonesia
GK Plug and Play adalah platform inovasi global yang memiliki misi untuk mendorong perkembangan startup yang bergerak dibidang teknologi. Berkantor pusat di Silicon Valley, GK Plug and Play telah membangun program startup akselerator, corporate innovation, dan in-house VC untuk mengakselerasi ekosistem. GK Plug and Play Indonesia memiliki jaringan yang luas termasuk lebih dari 200 korporasi, investor, universitas, dan partner diberbagai bidang seperti Retail, Fintech, Internet of Things, Media, Cloud, Insurtech, Food and Agritech.

Kehadiran GK Plug and Play pada tahun 2006 merupakan satu-satunya akselerator startup yang telah didukung oleh Presiden Joko Widodo, saat ini kami telah mengakselerasi lebih dari 50 startup di Indonesia dan telah bekerja sama dengan berbagai Venture Capital, media, pemerintah, dan juga telah bermitra dengan 7 perusahaan besar untuk mendorong inovasi digital mereka. (rlls)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.