BESTTANGSEL.COM – Penyakit Jantung koroner menduduki urutan kedua dari 10 penyakit penyebab kematian terbanyak di Indonesia. Penyakit tersebut umumnya disebabkan oleh Plak arterosklerosis (pengapuran lemak) yang melekat di pembuluh darah jantung dan makin menumpuk selama bertahun-tahun, sehingga menyebabkan tersumbatnya aliran darah jantung.

Penyebab utama jantung koroner adalah kandungan kolesterol dalam darah yang tinggi, diperberat oleh faktor risiko seperti Hipertensi, Diabetes Mielitus, terutama jika ada gangguan genetik. Sumbatan pada pembuluh darah jantung dapat menyebabkan serangan jantung, yang dapat datang secara tiba-tiba.

Umumnya, penderita jantung koroner akan mengalami rasa sakit di daerah dada kiri, tengah, punggung atau lambung. Rasa sakit tersebut khas, yakni sakit seperti ditekan atau diperas, disertai dengan keringat dingin.

Serangan jantung juga dapat datang secara tiba-tiba yang dikenal dengan suddent ischemia, dimana pasien tiba-tiba akan mengalami sesak napas mendadak bahkan pingsan.

Dalam rangka memeriahkan hari Jantung Sedunia 2017, RS Siloam Simatupang menyelenggarakan beberapa  rangkaian acara di antaranya adalah edukasi kesehatan jantung untuk media yang digelar pada 28 September 2017, donor darah pada 29 September 2017, dan edukasi kesehatan jantung untuk awam pada 30 September 2017.

Hadir sebagai pembicara pada event edukasi kesehatan RS. Siloam Simatupang, Kamis, 29 September 2017, Dr. Emanoel Oepangat, SpJP, FIHA mengatakan bahwa laki-laki dan perempuan yang  sudah usia di atas 50 tahun sebaiknya melakukan check up jantung satu kali dalam satu tahun, supaya jika dideteksi adanya sumbatan pembuluh darah segera dapat dilakukan pencegahan dengan tindakan intervensi (pemasangan ring).

Senada dengan Dr. Emanoel, Dr. Marganda Pasaribu, MKK selaku Direktur RS Siloam Simatupang, menambahkan, kadang pasien berpikir takut untuk dilakukan pemasangan Ring pada jantung, padahal pemasangan Ring bertujuan untuk mencegah timbulnya serangan jantung yang dapat menyebabkan kematian.

Tentang kampanye penyakit jantung koroner, Head of Marketing and Communication Department, Siloam Hospitals Simatupang, Anastasia Hermawan menyatakan harapannya, bahwa melalui kampanye World Heart Day 2017 ini RS. Siloam Simatupang dapat membantu pemerintah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat akan pentingnya pola hidup sehat dan deteksi dini untuk mencegah penyakit jantung koroner.

“Dalam kampanye ini RS Siloam Simatupang juga menyediakan paket pemeriksaan jantung lengkap dengan harga khusus,” pungkas Anastasia Hermawan.

 

Asri

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.